Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Ajaran Menabung dari Kecil, Ternyata Terselip 6 Manfaat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 620 2265013 pentingnya-ajaran-menabung-dari-kecil-ternyata-terselip-6-manfaat-GEmWIZvueq.jpg Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sejak kecil kita dibiasakan atau diajarkan untuk manabung oleh orang tua. Diyakini bahwa kegiatan ini memiliki manfaat luar biasa saat menjadi kebiasaan.

Advisor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Agus Sugiarto mengatakan, menabung bukan hanya menjadi kebiasaan yang baik, melainkan juga memberikan manfaat yang luar biasa besar bagi seseorang. Pertama, rasa aman bagi seseorang dalam menjalani kehidupannya karena dia merasa ada perisai dan payung yang melindunginya di saat ada kebutuhan yang tiba-tiba muncul tanpa direncanakan.

Baca Juga: Hari Menabung, Cerita Celengan Ayam yang Tak Pernah Termakan Zaman

Kedua, memberikan rasa percaya diri lebih kuat dalam menghadapi segala persoalan keuangan yang timbul. Rasa percaya diri akan memberikan aura positif dalam membuat keputusan keuangan yang tepat.

“Ketiga, memberikan jaminan kepastian atas suatu rencana atau keinginan di kemudian hari yang memerlukan pembiayaan, seperti misalnya untuk membiayai sekolah, menunaikan ibadah haji, membeli rumah, menikah, berlibur dan lain-lain,” dalam keterangannya, Kamis (20/8/2020).

Selanjutnya, keempat, menabung melatih seseorang untuk terbiasa membuat perencanaan keuangan dengan lebih baik, sehingga uang yang dimilikinya dapat dikelola dengan baik dan bijaksana.

“Tanpa adanya perencanaan keuangan yang baik, berapapun uang yang dimiliki oleh seseorang tetap dianggap tidak akan mencukupi, bahkan tidak tersisa sepersenpun untuk ditabung,” ujarnya.

Baca Juga: Untung Rugi Menabung di Celengan

Kemudian, kelima, menabung memberikan filosofi hidup hemat sehingga menabung tidak harus dimulai dengan jumlah uang yang besar, justeru hidup hemat tersebut bisa dimulai sejak dari kecil dengan menyisihkan sebagian dari uang jajan untuk ditabung.

Keenam, kebiasaan menabung yang dilakukan secara terus menerus akan membuat seseorang menjadi mandiri finansial, sehingga tidak perlu membebani orang tua ataupun orang lain.

(fbn)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini