Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peduli Pendidikan Islam, 4 Kepala Daerah Raih Penghargaan

Sabtu 22 Agustus 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 620 2265711 peduli-pendidikan-islam-4-kepala-daerah-raih-penghargaan-kpZhWyvkTq.jpg Menag Fachrul Razi memberi penghargaan ke empat kepala daerah peduli pendidikan Islam. (Foto: Romadanyl/Kemenag.go.id)

EMPAT kepala daerah mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Agama. Mereka dinilai memiliki kepedulian dan kebijakan yang memihak terhadap dunia pendidikan Islam di wilayahnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendapat penghargaan atas upaya melawan virus corona (covid-19) dengan pendekatan spiritual, selain protokol kesehatan, berdasarkan rekomendasi forum pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Baca juga: Bacalah Doa Ini agar Segera Mendapat Pekerjaan 

Kemudian Bupati Jember Faida meraih penghargaan karena kepeduliannya terhadap perkembangan pendidikan Islam. Bupati yang juga seorang dokter dan lulusan madrasah ini telah memberikan beasiswa kepada putra daerah untuk melanjutkan kuliah di UIN dan IAIN.

Dia juga memberikan beasiswa untuk pelajar tahfiz (penghafal) Alquran serta membangunan MCK pada sejumlah pesantren di Jember. Kepeduliannya terhadap pendidikan keagamaan sama dengan pendidikan umum, baik dari aspek regulasi, rekognisi, maupun afirmasinya.

Apresiasi yang sama juga diberikan kepada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Wali Kota Palembang Harnojoyo atas kontribusi terhadap pengembangan pendidikan Islam di daerah masing-masing selama ini.

Penghargaan ini diberikan Menteri Agama Fachrul Razi saat membuka Focused Group Discussion (FGD) Kelulusan Ujian Masuk PTKIN Tahun 2020. Menurut dia, perkembangan pendidikan keagamaan di seluruh penjuru Tanah Air perlu ditopang oleh keberpihakan kepala daerah secara berkelanjutan.

Baca juga: Setelah Hagia Sophia, Turki Ubah Bangunan Bersejarah Gereja Chora Jadi Masjid 

"Semakin kepala daerah memiliki keberpihakan yang besar pada pendidikan keagamaan maka hampir bisa dipastikan pendidikan keagamaan mengalami perkembangan yang luar biasa membanggakan," kata Menag, Jumat 21 Agustus 2020, dinukil dari Kemenag.go.id.

"Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya karena telah mencurahkan tenaga dan pemikirannya bagi perkembangan pendidikan keagamaan di daerahnya masing-masing," tegas Menag.

Ia berharap pemberian penghargaan ini dapat melecut semangat serta keberpihakan para kepala daerah yang selama ini sudah peduli untuk semakin dan terus berkontribusi bagi perkembangan pendidikan keagamaan di daerahnya. Pendidikan keagamaan yang berkualitas menjadi andil penyiapan anak bangsa yang unggul.

"Semoga apresiasi ini mampu memberikan dorongan kepada kepala daerah lain untuk peduli terhadap pendidikan Islam, baik di madrasah, pesantren, maupun perguruan tinggi Islam," tandasnya.

Baca juga: Muslimah Wajib Berhijab untuk Jaga Kemuliaan sebagai Perempuan 

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini