Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keyakinan Konsumen Sangat Bergantung Aksi Menteri Jokowi Tangani Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 620 2267049 keyakinan-konsumen-sangat-bergantung-aksi-menteri-jokowi-tangani-covid-19-zmj6C9VwP6.jpg Ekonomi RI (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal menjelaskan bahwa indeks keyakinan konsumen di bulan Juli 2020 sudah menunjukkan tren yang membaik dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya.

"Di kuartal III ini trennya membaik dibandingkan kuartal II, tapi kita harapkan tren keyakinan ini terus membaik hingga ke kuartal IV dan kuartal selanjutnya," ungkap Faisal dalam Market Review IDX Channel di Jakarta, Selasa(25/8/2020).

Baca Juga: Anak Buah Jokowi Tidak Serius Kampanyekan Pemakaian Masker

Hal ini, menurut Faisal memberikan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal III akan lebih baik atau meningkat daripada kuartal sebelumnya meski masih berada di zona negatif. Meski demikian, dia menuturkan bahwa keyakinan konsumen saat ini sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan penanggulangan wabah Covid-19.

"Dalam kondisi seperti sekarang, ini sangat erat dengan upaya penanggulangan wabah Covid-19. Terlebih banyak konsumsi barang dan jasa yang sifatnya tersier juga tertunda atau tertahan karena masyarakat memikirkan bagaimana kondisi ke depan," jelas Faisal.

Lanjut dia mengatakan, jika penanggulangan wabah trennya tidak baik, ketidakpastian tentu akan menjadi sangat tinggi.

"Karena akan ada kekhawatiran yang terus mengganggu konsumsi, khususnya konsumsi barang-barang tersier," tambah Faisal.

(dni)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini