Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ridwan Kamil Relawan Uji Vaksin Covid-19: Kami Lalui dan Rasakan Sendiri

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 620 2267260 ridwan-kamil-ikut-uji-vaksin-covid-19-kami-lalui-dan-rasakan-sendiri-6Yx4ziLkyM.jpg Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: dok.Okezone
A A A

BANDUNG – Selain Pangdam/III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut sebagai relawan uji klinis vaksin virus corona (Covid-19) produksi Sinovac, China.

Uji klinis dilakukan di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020). Didampingi istrinya, Atalia Praratya, ia yang akrab disapa Kang Emil telah tiba di lokasi.

"Ya, hari ini saya memulai rangkaian proses testing vaksin. Ternyata ada dua tahap, ini tahap pertama pengecekan fisik, kesehatan di dalam (tubuh), dan lain lain, tes swab juga. Kalau lolos, baru suntik vaksin di beberapa hari kemudian," tutur Kang Emil.

Sebelum tiba di Puskesmas Garuda, Kang Emil sempat mengikuti rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung.

Baca Juga: Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Kapolda Jabar Siap Mental dan Fisik 

Dalam kesempatan itu, Kang Emil menyatakan, keikutsertaannya menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac bersama Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi menjadi bagian dari bela negara sekaligus upaya memerangi Covid-19 dengan cara memastikan efektivitas vaksin tersebut.

"Mudah-mudahan dengan kami ikut, sehingga kami bisa menjawab semua pertanyaan karena kami bagian dari proses tes vaksin secara langsung,” ujar Kang Emil dikutip dari Sindonews.

“Kalau berhasil seperti apa, kalau kurang seperti apa, sehingga masyarakat percayakan kepada gugus tugas provinsi bahwa penanganan melalui vaksin ini betul-betul kami lalui dan rasakan sendiri," tambahnya.

Kang Emil pun memastikan, sebelum menjalani tahapan uji klinis, dirinya bersama Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi telah melakukan berbagai persiapan, baik mental maupun fisik.

"Saya pribadi mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Sudah seminggu terakhir menjaga makan, menjaga tidur, olahraga, dan lain-lain. Mudah-mudahan dalam kondisi yang terbaik pada saat melakukan pengetesan. Demikian juga dengan Pangdam dan Kapolda," tandasnya.

Baca Juga: Jadi Subjek Uji Klinis Vaksin Sinovac, Ini Persiapan Ridwan Kamil

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini