Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Pembinaan Manasik Haji Sepanjang Tahun Terus Berjalan

Rabu 26 Agustus 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 620 2267556 pandemi-covid-19-pembinaan-manasik-haji-sepanjang-tahun-terus-berjalan-9kahAUbkHC.jpg Ilustrasi jamaah haji. (Foto: Dok Okezone/Widi Agustian)

VIRUS corona (covid-19) masih mewabah secara global, termasuk di Indonesia. Berbagai sektor kehidupan pun turut terdampak. Aktivitas yang rutin dilakukan mengalami pergeseran atau bahkan ditunda untuk sekian waktu. Namun ada juga yang tetap diselenggarakan seperti rencana awal demi kelancaran ke depannya.

Hal inilah yang diterapkan kepada para jamaah haji Indonesia. Di tengah pandemi covid-19, berbagai upaya dilakukan pemerintah agar pembinaan manasik haji tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai tujuan yang diharapkan. Salah satunya meningkatkan kemampuan jamaah dalam memahami rukun haji dan larangan-larangan yang bisa membatalkannya.

Baca juga: Jamaah Haji Batal Berangkat Diminta Perdalam Manasik untuk Tahun Depan 

"Di tengah pandemi ini pemerintah tetap mengupayakan gerakan pembinaan haji ini bisa tetap jalan. Sebab, kewajiban pemerintah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah untuk melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah berdasarkan asas syariat, amanah, keadilan, kemaslahatan, kemanfaatan, keselamatan, keamanan, progfesionalitas, transparansi, dan akuntabilitas," ujar Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Khoirizi H Dasir saat menjadi narasumber dalam kegiatan Gerakan Pembinaan Haji 2020, dikutip dari haji.kemenag.go.id, Rabu (26/8/2020).

Oleh karena itu, sambung dia, pemerintah terus memikirkan agar pelaksanaan pembinaan manasik haji sepanjang tahun bisa terlaksana terus di tengah-tengah jamaah dengan fasilitas webinar yang saat ini menjadi salah satu upaya di tengah situasi pandemi covid-19.

Baca juga: Cerita WNI Berhaji di Masa Pandemi: Gratis, Dilayani Bagaikan Raja 

"Saya berharap teman-teman di kabupaten dan kota serta tingkat kantor urusan agama (KUA) bisa mencontoh pembinaan webinar seperti ini sehingga program pembinaan manasik sepanjang tahun bisa terus dirasakan oleh jamaah. Itu harapan saya. Kalau ini bisa jalan setiap hari kegiatan manasik secara virtual ini maka dahsyat sekali manfaatnya," pungkasnya.

Jamaah haji 2020 tawaf aqabah di Masjidil Haram. (Foto: Twitter @hsharifin)

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini