Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ide Cemerlang, Uang Jadi Alat Edukasi Sejarah dan Budaya bagi Generasi Muda

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 620 2267657 ide-cemerlang-uang-jadi-alat-edukasi-sejarah-dan-budaya-bagi-generasi-muda-g7rjO4BUa4.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebutkan beberapa upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengedukasi masyarakat, bahkan mulai dari generasi termuda akan budaya bangsa Indonesia.

Dia mencontohkan bagaimana Jokowi seringkali memberikan kuis singkat dalam sambutan resminya dalam kunjungan ke daerah-daerah tertentu.

"Beliau bertanya, 'Siapa yang bisa memberikan 5 nama pulau di Indonesia?', 'Siapa yang bisa menyebutkan 7 nama suku di Indonesia?', lalu yang bisa menjawab dengan benar akan diberikan sepeda. Ini sebenarnya bentuk mendidik, mengedukasi. Paham dan hafal soal budaya dan sejarah serta geografis Indonesia juga adalah bentuk persatuan bangsa," ungkap Heru dalam Webinar - Ngomongin Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Keren, Uang Pecahan Rp75.000 Lebih Canggih Dibanding Dolar AS

Bahkan, di momen resmi dan tertentu, Jokowi bersama para menteri memakai baju adat. Hal ini, secara tidak langsung, bisa menarik rasa penasaran generasi milenial untuk mencari tahu Jokowi memakai baju adat asal daerah mana.

"Saya mengapresiasi ide BI untuk menggunakan UPK 75 Tahun sebagai bentuk edukasi budaya dan sejarah. Budaya berubah terus menerus, dan cara mengajar ke generasi muda pun harus berubah," tambah Heru.

Dia mengatakan, generasi muda mungkin tidak mau belajar sejarah secara hafalan, tapi untuk mengedukasi mereka, bisa menceritakan sejarah dalam bentuk lain.

"Uang ini kan bentuk lainnya, ini menjadi bagian mendidik terus menerus tanpa putus. Mendidik ini tidak harus di meja sekolah, kalau mau mendidik, tinggal tunjukkan saja uangnya dan jelaskan maknanya. Sekali lagi, ini ide luar biasa oleh BI," tutur Heru.

 

(dni)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini