Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag Anggap AMKI dan ICMI Mitra Strategis Kemenag

Minggu 30 Agustus 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 620 2269754 menag-anggap-amki-dan-icmi-mitra-strategis-kemenag-dCGPcmA7F5.JPG Menteri Agama, Fachrul Razi (Foto: Kemenag.go.id)

MENTERI Agama (Menag), Fachrul Razi mengatakan, Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ialah mitra strategis Kementerian Agama (Kemenag).

Hal itu disampaikan Menag saat menjadi pembicara dalam gelaran Webinar Nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) dengan yang mengusung tema 'Peran Masjid Kampus Dalam Mengembangkan Sumber Daya Insani Berwawasan Imptek, Imtak dan Kebangsaan'.

"Kementerian Agama adalah mitra strategis bagi siapapun, termasuk AMKI dan ICMI. Masih banyak pekerjaan keumatan yang harus kita selesaikan bersama," kata Menag, melansir laman resmi Kemenag, Minggu (30/8/2020).

Baca juga: Adab Bertamu dan Menjamu Tamu Sesuai Tuntunan Rasulullah

"Kita tidak boleh berputus asa merajut masa depan, karena hanya dengan kebersamaan inilah bangsa ini dapat keluar dari berbagai ujian. Semoga kerjasama Kementerian Agama dengan AMKI dan ICMI semakin erat dan berdampak terhadap kualitas kehidupan umat beragama di Indonesia," tambahnya.

Ia menambahkan, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia berpotensi menjadi kiblat peradaban Islam dunia. Indonesia memiliki ribuan syarat untuk menuju kiblat dunia, memiliki SDM yang melimpah dari berbagai pesantren, baik luar maupun dalam negeri.

Indonesia kata dia, memiliki kekayaan budaya yang amat heterogen. Hal ini menjadikan keberislaman menjadi lebih berwarna dan berdampingan dengan berbagai warna budaya.

"Dengan keragaman agama yang kita miliki, memberi peluang untuk membuktikan bahwa toleransi dan kerukunan adalah imbauan yang tidak pernah lalai dikumandangkan masjid," paparnya.

"Dengan arus zaman yang terus berkembang dengan berbagai dinamika sosial politik, ekonomi dan teknologi, umat Islam harus segera merapatkan barisan untuk merumuskan konsep masyarakat Islam ke depan," tandas Menag.

Turut jadi pembicara dalam webinar yang diikuti marbot masjid kampus se Indonesia, pengurus AMKI, para tokoh agama dan pimpinan ormas yakni Ketua Umum ICMI periode 2015-2020 Prof Jimly Asshiddiqie.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini