Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rencana Bioskop Buka Lagi di Tengah Pandemi, Bikin Masalah Baru?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 620 2272641 rencana-bioskop-buka-lagi-di-tengah-pandemi-bikin-masalah-baru-tdbQsw78hr.jpg Ilustrasi physical distancing di bioskop (Foto : Kentlive)

Seminggu yang lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan pernyataan terkait bakal dibukanya kembali bioskop di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut menurutnya sudah sesuai dengan kajian Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Merujuk kepada studi dan kajian para pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bisokop yang sudah dilakukan di berbagai negara, ada 47 negara pada saat ini, kegiataan bioskop sudah berjalan seperti biasa, Korea Selatan misalnya, selama pandemi maupun puncak pandemi, di sana bioskop tidak ditutup," katanya di siaran langsung BNPB.

Tidak hanya merujuk pada studi dan kajian ahli, Anies pun mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan para pelaku usaha. Menurut Anies, penyedia bioskop telah mempersiapkan pembukaan kembali unit bioskop.

Bioskop

"Para pelaku di sektor ini pun sudah berkomunikasi dekat untuk membahas tentang persiapannya. Tapi keputusan mengenai pembukaan nanti kita melihat kondisi Jakarta dan juga kita melihat bagaimana kesiapan di pelaku untuk mengeksekusinya," kata Anies.

Karena dibuka di tengah pandemi, Anies pun mempertimbangkan penyusunan protokol kesehatan baru khusus untuk bioskop. Karena itu, akan ada regulasi yang detail dan adanya pengawasan ketat dalam pelaksanaannya.

Baca Juga : Amanda Manopo Pakai Bra Pose Menggoda di Kasur, Netizen Malah Kecewa!

Sementara itu, menurut pelaku usaha dalam hal ini diwakili oleh Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), hingga sekarang pihaknya belum menerima Surat Keputusan (SK) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait perizinan pembukaan tempat hiburan bioskop.

"Belum (terima SK pembukaan bisokop di Jakarta)," kata Ketua GPBSI Djonny Syahfruddin kepada Okezone, belum lama ini.

Djonny pun mengaku tak mengetahui apakah rencana pembukaan bisokop itu kembali batal atau tidak. Dirinya diminta masyarakat untuk bersabar terkait proses penggodokan yang sedang dirampungkan pemerintah. "Kami lihat saja nanti," sambung dia.

Di sisi lain, beberapa pihak menilai pernyataan Anies tersebut harus dipertimbangkan kembali mengingat angka kasus Covid-19 masih terus naik setiap harinya. Salah satu penolakkan disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN, Zita Anjani.

"DKI lagi perang, bertempur kalahkan wabah. Positivity rate-nya lagi naik, kenapa masih sempat berpikir untuk hiburan? Ini cara berpikir yang salah menurut saya. Katanya based on data, tapi data yang ada tidak sinkron dengan kebijakan yang dibuat," cetus Zita beberapa waktu lalu.

Bioskop

Zita menegaskan, pemerintah sehatusnya mementingkan nyawa rakyat di saat sepeeti sekarang ini. "Orang mati tidak bisa dihidupkan kembali. Kalau ekonomi, kita masih punya banyak cara untuk siasati," tegas dia.

Dalam hal medis, keputusan untuk membuka kembali bioskop dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, semata karena ekonomi sudah terdesak. "Keputusannya bukan karena Covid-19 sudah aman," ungkapnya pada Okezone melalui pesan singkat, belum lama ini.

Dokter Indah melanjutkan, dari pembukaan bioskop di situasi seperti sekarang, bisa saja menciptakan klaster Covid-19 baru yaitu tempat hiburan. "Ya, mungkin saja tercipta klaster baru jika protokol kesehatan tidak ditegakkan dengan benar," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini