Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tempat Wisata Terdampak PSBB Jakarta Pekan Depan

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 620 2275572 6-tempat-wisata-terdampak-psbb-jakarta-pekan-depan-uuNGuVCoct.jpg Ragunan. (Foto: Okezone)

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya tempat wisata dan hiburan di Jakarta tutup lagi.

Kebijakan tersebut mulai diberlakukan total pada Senin, 14 September 2020.

Ya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengambil langkah kebijakan "rem darurat" (emergency brake policy) demi menekan penularan Covid-19 di Jakarta yang semakin mengkhawatirkan.

Ada beberapa poin yang harus Okezoners perhatikan nih dalam PSBB kali ini. Seperti kegiatan perkantoran di Jakarta harus tutup dan bekerja dari rumah, transportasi publik dibatasi dan seluruh tempat hiburan dan taman-taman kota harus tutup.

Nah buat Okezoners sepertinya harus bersabar lagi nih untuk bisa pergi berlibur di sekitaran Jakarta. Nah, berikut deretan tempat wisata hits di Jakarta yang terdampak PSBB, yang Okezone rangkum, Kamis (10/9/2020).

Ancol

ancol

Lokasi wisata yang terletak di Pesisir Utara Jakarta ini terpaksa harus tutup selama PSBB kali ini. Destinasi di tepi laut Ancol memiliki pantai yang populer untuk olahraga air. Serta masih terdapat beberapa ragam destinasi wisata yang ada di sekitaran Ancol seperti Dunia Fantasi (Dufan).

Jika Okezoners ingin bermain air yang seru dan mencoba pengalaman berenang yang berbeda ada Atlantis Water Adventure dan ada juga Akuarium SeaWorld bagi Okezoners yang ingin melihat aneka ragam biota laut seperti hiu dan kura-kuranya.

Buat Okezoners harus tunda dulu ya keinginan untuk berlibur ke Ancol karena tempat ini akan ditutup selama PSBB DKI Jakarta berlangsung.

Baca Juga: Jakarta Kembali PSBB, Taman Margasatwa Ragunan Akan Gelar Tur Virtual

Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan juga tidak luput dari penutupan yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta selama PSBB.

Kebun binatang pertama di Indonesia ini diresmikan pada 22 juni 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Di kebun binatang ragunan terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Destinasi wisata Kebun Binatang Ragunan ini sangat cocok untuk Okezoners berlibur bersama keluarga, berwisata sekaligus mengedukasi.

Monas

monas

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan Monas merupakan salah satu landmark Ibukota Jakarta. Dibangun pada 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Tugu yang mempunyai emas di puncaknya ini mempunyai filosofi loh Okezoners. Rancangan dari tugu monas berdasarkan pada konsep Lingga dan Yoni.

Tiang monas yang menjulang tinggi merupakan lambang dari Lingga, bermakna laki-laki dan kesuburan. Sementara pelataran cawan atau landasan bagian bawah adalah Yoni yang melambangkan perempuan, elemen feminin.

Tugu Monas mempunyai tinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

TMII

Tempat wisata yang berada di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta ini mempunyai nama lengkap Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ini adalah kawasan wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur, dengan area seluas 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Di TMII terdapat Anjungan daerah yang menggambarkan serta mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Selain itu, TMII juga terdapat wahana wisata lain, salah satunya adalah Kereta Gantung, berbagai museum, Teater Keong Mas dan Teater Tanah Airku.

Gagasan dibangunnya TMII ini dicetuskan oleh ibu negara Siti Hartinah atau lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada 20 April 1975.

Baca Juga: Duh Curi Pasir Pantai, Turis Ini Didenda Rp17,6 Juta

Museum di Jakarta

Museum yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta juga tidak luput dari penutupan sementara selama PSBB di Jakarta. Salah satu museum yang berada di bawah Kelola Pemprov DKI Jakarta antara lain Museum M.H Thamrin, Museum Sumpah Pemuda, hingga Museum Naskah Proklamasi.

 

Taman-taman kota

Taman kota di Jakarta juga menjadi lokasi atau tempat yang ditutup sementara oleh Pemprov DKI Jakarta selama PSBB berlangsung. Dari mulai Taman Menteng, Taman Suropati, Taman Cattleya, Taman Tribeca dan sebagainya.

Selain tempat wisata yang disebutkan di atas, hampir seluruh destinasi dan kawasan wisata di bawah kelola Pemprov DKI Jakarta akan ditutup selama PSBB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini