Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Staycation? Catat 5 Tips Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 620 2275845 mau-staycation-catat-5-tips-aman-menginap-di-hotel-selama-pandemi-covid-19-DOFdB89elB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMPROV DKI Jakarta akan menerapkan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total pada Senin 14 September 2020 mendatang. Artinya, seluruh tempat wisata, hiburan dan perhotelan pun terpaksa ditutup.

Selain itu, moda transportasi umum juga dibatasi guna meminimalisir penularan Covid-19 yang lebih luas. Dalam kondisi seperti ini, wisatawan tentu tak memiliki banyak opsi selain liburan di dekat rumah. Konsep wisata tersebut kemudian dikenal dengan istilah staycation.

Staycation biasanya ditawarkan oleh hotel-hotel yang memang menawarkan beragam fasilitas menarik guna memanjakan para tamu mereka. Nah, bila dalam waktu dekat ini kamu berencana staycation di hotel, berikut Okezone rangkumkan 5 tips aman menginap di hotel selama pandemi Covid-19.

Selalu lakukan pengecekan dan patuhi prosedur yang diterapkan staf hotel

hotel

Saat memasuki lingkungan hotel, staf hotel akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan pada saat check-in petugas juga akan meminta informasi mengenai riwayat perjalanan dan sejenisnya.

Selalu ikuti petunjuk serta prosedur yang diminta oleh petugas karena hal tersebut berguna menjaga keamanan dan kenyamanan setiap tamu hotel.

Baca Juga: 10 Destinasi Liburan Paling Banyak Dicari di Google Pasca-Lockdown, Indonesia Termasuk Gak?

Tetap menjalankan physical distancing dan gunakan masker selama berada di lingkungan hotel

Tips menginap di hotel pada saat pandemi selanjutnya adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu: physical distancing serta pakai masker.

Selama berada di hotel kamu akan berinteraksi dengan staf hotel ataupun tamu lainnya. Untuk itu, pastikan kamu tetap jaga jarak dan selalu pakai masker kain bahkan bila perlu pakai face shield saat keluar kamar dan berada di lingkungan hotel.

 

Tetap jaga kebersihan diri

Kunci utama terhindar dari penyakit adalah kebersihan diri yang terjaga. Maka jaga kebersihan tubuhmu dengan mandi secara rutin, segera mencuci pakaian kotor yang telah dipakai, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir segera setelah melakukan kontak dengan orang lain ataupun menyentuh permukaan benda yang ada di tempat publik.

Di setiap sudut hotel dan fasilitas yang terdapat di hotel juga akan disediakan hand sanitizer yang bisa kamu gunakan sebelum dan setelah menggunakan fasilitas tersebut.

Ikut aktif menjaga kebersihan hotel

Tak hanya kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit. Maka, kamu juga disarankan berperan aktif menjaga kebersihan hotel seperti tidak membuang sampah sembarangan dan secara rutin membersihkan kamar dan toilet pribadi.

Jika kamu membutuhkan disinfektan, mintalah petugas hotel untuk menyediakannya sehingga bisa lebih sering membersihkan kamarmu.

Itulah berbagai tips menginap di hotel selama pandemi yang bisa kamu terapkan selama menginap. Selain tips tersebut, selalui perbarui informasi yang kamu miliki seputar pandemi, terutama protokol-protokol kesehatan yang harus kamu lakukan guna melindungi kesehatan tubuh di masa pandemi.

Baca Juga: Jakarta PSBB Lagi, Seluruh Tempat Wisata dan Hiburan Ditutup

Jadi, sudah putuskan untuk booking hotel sebagai solusi isolasi mandiri atau mencegah penyebaran virus? Atau kamu lebih memilih akomodasi lainnya dengan sewa apartemen?

Apa pun pilihanmu, entah menginap di hotel, menyewa apartemen, ataupun tetap di rumah atau kos-kosan, tips di atas bisa kamu terapkan untuk tindakan pencegahan yang baik untuk kesehatanmu!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini