Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Barang Wajib Dibawa agar Liburanmu Aman dari Ancaman Covid-19

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 620 2276133 5-barang-wajib-dibawa-agar-liburanmu-aman-dari-ancaman-covid-19-DD4gBYqCGy.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

DENGAN kembalinya aktivitas di tengah pandemi Covid-19, tentu berdampak pada perilaku masyarakat. Anda perlu menyesuaikan diri dalam menjalankan aktivitas yang masih dibayang-bayang kecemasan, karena virus corona semakin menggila.

Namun di balik itu semua kita tetap berkegiatan agar kesehatan mental juga tidak menurun. Salah satunya adalah dengan pergi berlibur di tengah pandemi Covid-19.

Di masa new normal, banyak masyarakat yang berlibur untuk melepas penat yang selama ini di habiskan di rumah masing-masing. Namun sebaiknya berpergian di dalam negeri saja dulu ya, untuk menghindari penyebaran virus coroma yang semakin luas.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan upaya pelindungan untuk diri sendiri agar terhindar dari penularan virus corona. Misalnya dengan membawa benda wajib selalu ada di tas saat new normal.

Apa saja sih barang wajib yang harus dibawa saat pergi liburan? Yuk simak ulasan nya ditulis Okezone, Jumat (11/9/2020).

Baca Juga: Ancol Tutup, TMII Niat Adakan Tur Virtual saat PSBB Jakarta

1. Masker

 masker

Masker sudah menjadi benda yang wajib dibawa kemana-mana saat ini. Meski tidak melakukan liburan sekalipun ada harus tetap sedia masker kapanpun. Benda ini menjadi sangat penting sebagai perlindungan terdepan diri dari paparan udara.

Usahakan membawa masker lebih dari satu, karena pemakaian masker juga ada batasnya. Masker medis maupun masker kain sebaiknya diganti setelah dipakai sekitar 4 jam.

2. Hand sanitizer atau sabun cair

Salah satu bentuk pencegahan lainnya agar tidak tertular virus corona saat mengunjungi tempat wisata adalah selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

Saat ini di setiap tempat pasti menyediakan tempat untuk mencuci tangan. Namun Jika di lokasi wisata belum tentu ada sabun yang tepat, maka pengunjung bisa membawa sabun cair sendiri atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

Hand sanitizer disarankan mengandung 70% alkohol agar membunuh kuman dan virus secara maksimal.

 

3. Tisu basah atau kering

Tisu menjadi barang penting saat berpergian. Karena berguna ketika untuk menyeka atau sebagai alas di sebuah permukaan benda. Contohnya untuk membatasi permukaan meja, gagang pintu atau benda lainnya.

4. Peralatan makanan

bekal

Membawa alat makan sendiri tak harus saat liburan saja tapi juga bisa diterapkan ke kegiatan lain seperti saat ke kantor, sekolah, saat makan di pinggir jalan, dan di restoran.

Baca Juga: Bali Nomor 1 dan Lombok 16, Ini 25 Destinasi Wisata Terbaik Asia 2020

Alat makan seperti sendok, garpu, gelas atau botol minuman perlu disiapkan untuk berpergian. Dengan anda membawa peralatan makanan sendiri, kamu akan tahu bahwa alat makan yang digunakan terjamin kebersihannya dan tidak perlu cemas.

5. Peralatan sholat

Bagi umat muslim yang hendak melaksanakan ibadah sholat 5 waktu, disarankan untuk selalu membawa peralatan sholat pribadi. Barang ini sudah menjadi penting ketika beraktivitas di luar rumah.

Nah, itulah beberapa barang yang perlu dibawa saat hendak berlibur di masa pandemi ini. Selalu menjaga kebersihan dan gunakan masker kapanpun, saat berada di luar rumah untuk menghindari penularan virus corona ya, Okezoners!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini