Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Penumpang KRL Dilarang Pakai Masker Scuba atau Buff

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 620 2277861 alasan-penumpang-krl-dilarang-pakai-masker-scuba-atau-buff-8J1IfEqeM1.jpg Penumpang KRL wajib patuhi protokol kesehatan (Foto : Okezone)
A A A

Banyak sekali jenis masker yang ada di pasaran sekarang ini, salah satu yang cukup dilirik adalah masker scuba. Masker jenis ini berbahan elastis dan cenderung nyaman dikenakan.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa penggunaan masker scuba ternyata tidak direkomendasikan untuk mencegah paparan virus corona di tempat umum. Ya, salah satunya di dalam kereta cepat atau KRL.

Hal ini diterangkan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam unggahan Instagram belum lama ini. Dijelaskan di situ, masker scuba tidak cukup efektif menghalau virus ketika Anda gunakan. Selain masker scuba, masker buff pun tidak disarankan untuk dipakai di dalam kereta.

KRL

"Hindari pemakaian masker scuba atau buff yang hanya 5 persen efektifnya dalam mencegah risiko terpaparnya debu, virus, dan bakteri," tulis akun Instagram resmi tersebut.

Baca Juga : Pesona Prita Aunalal, Asisten Nia Ramadhani yang Cantik

Sementara itu, dalam unggahan tersebut pun diterangkan jenis masker lain dan efektivitasnya dalam menangkal virus. Misalnya masker N95 yang punya efektivitas 95 hingga 100 persen, masker bedah (80-95%), masker FFP1 (80-95%), dan masker bahan 3 lapis (50-70%).

Follow Berita Okezone di Google News

Di sisi lain, peneliti di Duke University, North Carolina, menerangkan kalau masker terbaik untuk menghindari paparan virus corona adalah N95 yang digunakan para tenaga kesehatan di rumah sakit.

Penumpang KRL

Para peneliti menemukan bahwa masker tersebut dapat bekerja dengan baik menghentikan penularan virus melalui droplet terutama saat berbicara. Selain itu masker terbaik kedua yang efektif mencegah penularan Covid-19 adalah masker bedah tiga lapis dan masker yang terbuat dari bahan katun atau kain yang dapat dibuat di rumah.

Dari penjelasan itu pun bisa dijelaskan bahwa masker scuba maupun buff tidak disarankan untuk digunakan di tempat umum yang sangat berisiko menjadi area penyebaran virus. Ingat, salah memilih jenis masker menentukan keamanan Anda saat beraktivitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini