Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Brucellosis, Penyakit yang Menginfeksi Ribuan Warga China

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 620 2280680 mengenal-brucellosis-penyakit-yang-menginfeksi-ribuan-warga-china-8g9m37berw.jpg Terkena demam (Foto: Medical New Today)

Pandemi Covid-19 belum mereda, muncul penyakit lain dilaporkan menyerbu warga China. Ribuan orang di Lanzhou, terinfeksi bakteri bernama Brucellosis.

Menurut laporan terbaru, setidaknya ada 3.245 warga China yang terinfeksi Brucellosis. Penyakit ini merupakan infeksi bakteri yang awalnya menyerang hewan ternak. Namun, penyakit ini juga dapat ditularkan kepada manusia.

Melansir Mayo Clinic, Brucellosis adalah infeksi bakteri yang menyebar dari hewan ke manusia. Paling umum, orang bisa terinfeksi karena mengonsumsi produk susu mentah atau tidak dipasteurisasi.

Terkadang, bakteri penyebab Brucellosis dapat menyebar melalui udara atau melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Tanda dan gejala Brucellosis antara lain demam, nyeri sendi, dan kelelahan.

Infeksi biasanya bisa dapat diobati dengan antibiotik. Namun, pengobatan membutuhkan waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan, dan infeksi dapat kambuh kembali.

Baca juga: PSBB ala Yuni Shara, Mainan Tanaman di Pekarangan

Brucellosis mempengaruhi ratusan ribu orang dan hewan di seluruh dunia. Menghindari produk susu mentah dan melakukan tindakan pencegahan saat bekerja dengan hewan atau di laboratorium dapat membantu mencegah Brucellosis.

Gejala Brucellosis dapat muncul kapan saja dari beberapa hari hingga beberapa bulan setelah Anda terinfeksi. Tanda dan gejalanya mirip dengan flu seperti meliputi demam, panas dingin, kehilangan selera makan, kelelahan, nyeri sendi dan otot, serta sakit kepala.

Beberapa orang mengalami Brucellosis kronis dan mengalami gejala selama bertahun-tahun, bahkan setelah pengobatan. Tanda dan gejala jangka panjang mungkin termasuk kelelahan, demam berulang, radang sendi, radang jantung (endokarditis), dan spondilitis, radang sendi inflamasi yang mempengaruhi tulang belakang dan persendian di sekitarnya.

Brucellosis bisa sulit diidentifikasi, terutama pada tahap awal, ketika seringkali menyerupai kondisi lain, seperti flu.

Oleh karena itu kunjungilah dokter Anda jika Anda mengalami demam yang meningkat pesat, nyeri otot, atau kelemahan lain yang tidak biasa, atau jika Anda mengalami demam terus-menerus.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini