Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Bandara Internasional Yogyakarta, Serba Canggih

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 620 2282447 mengintip-bandara-internasional-yogyakarta-serba-canggih-aBpuxuhrnu.jpg Bandara YIA di Kulon Progo. (Foto: Instagram/@ap_aiports)

SEJAK pertama dibuka, Bandara Internasional Yogyakarta menarik banyak perhatian wisatawan. Sebab bandara ini sangat canggih, dengan nuansa arsitektur modern dan tradisioal.

Saat mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta, wisatawan bisa melihat unsur ikonik wisata Yogyakarta yang ditampilkan. Saking indahnya, Presiden Joko Widodo menyebut Bandara Internasional Yogyakarta sebagai bandara terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Lahapnya DJ Katty Butterfly Makan Petai hingga Rendang Favoritnya

"Saya berterima kasih kepada PP dan Angkasa Pura I yang tadi kita lihat detil pengerjaannya juga menurut saya ini terbaik saat ini di Indonesia. Enggak tau nanti ada bandara baru lebih baik lagi, enggak tahu," tutur Presiden Jokowi saat menghadiri acara peresmian Bandara Internasional Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

yia

Kerennya lagi, Bandara Internasional Yogyakarta juga memiliki runaway lebih panjang dibandingkan bandara pendahulunya Adi Sucipto. Panjang runaway bandara ini dilaporkan mencapai 3.250 meter.

Nah, salah satu kecanggihan yang dimaksud adalah Bandara Internasional Yogyakarta memiliki kemampuan untuk menahan guncangan gempa hingga 8,8 skala richter (SR). Bandara ini juga dirancang anti-gelombang tsunami setinggi 12 meter.

 

Desain interior Bandara Internasional Yogyakarta ini membuat wisatawan kagum. Ada apa saja sih di dalam bandara tersebut? Berikut Okezone rangkumkan ulasannya, dilansir Okezone dari Instagram @bandarayogyakarta, Rabu (23/9/2020).

Terinspirasi objek wisata dan kebudayaan Yogyakarta

yia

Ada beberapa spot dan tugu di YIA yang terinspirasi dari objek wisata dan kebudayaan di Yogyakarta. Mulai dari Semar Tinandu, Hamemayu Hayuningrat, Gunungan Wayang, Bale Kambang, Taman Sari, hingga Plengkung Gading.

Baca Juga: Jessica Iskandar Pamer Punggung Mulus di Kolam Renang, Duh Cantiknya 

Masing-masing spot tentunya memiliki makna filososi tersendiri. Di samping itu, desainnya yang terlihat minimalis dan modern pun juga cocok untuk dijadikan tempat foto yang Instagramable.

Fasilitas lengkap

Untuk menambah kenyamanan wisatawan, YIA juga dilengkapi sejumlah fasilitas menarik seperti fixed bridge, check in counter yang luas, garbarata atau jembatan yang menghubungkan penumpang ke pintu pesawat, boarding lounge yang nyaman, science corner, food court, hotel, dan masih banyak lagi.

Mengutip video yang diunggah akun Instagram Angkasa Pura I, @ap_airports, fasilitas tersebut tersedia karena YIA memiliki luas terminal 219.000 m2. Bandara ini juga digadang-gadang dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun.

Bertabur karya seni

Bagi pencinta seni, Anda akan sangat dimanjakan ketika menyambangi Bandara Internasional Yogyakarta. Bukan tanpa alasan, bandara ini didukung dengan karya seni dan ornamen khas Yogyakarta yang sangat kental.

Beberapa di antaranya yakni, display Tari Bedhaya Kinjeng Wesi, wahana bermain anak Among Bocah, Tetanduran, Palihan, Kebonrejo, Jangkaran, Among Tani, Dagang Layar, Jogja on The Move, hingga Lawang Papat.

Kehadiran karya seni tersebut membuat siapa saja yang berada di bandara ini membuat Anda sudah berada di tengah Kota Yogyakarta. Dengan segala kesiapannya, bandara ini tentunya siap jadi gerbang baru menuju destinasi menarik di Indonesia.

Perlu diketahui, Bandara Internasional Yogyakarta resmi beroperasi pada 28 Agustus 2020 lalu. Peresmian dilakukan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini