Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

37 Tahun Dibui, Archie Williams Bersinar di Panggung America's Got Talent

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 620 2283766 37-tahun-dibui-archie-williams-bersinar-di-panggung-america-s-got-talent-5dMLBK77ex.jpg Archie Williams. (Foto: Chris Haston/ABC)

LOS ANGELES - Archie Williams memang gagal meraih gelar juara America’ Got Talent pada 23 September silam. Namun, penampilan pamungkasnya malam itu tak akan pernah dilupakannya. 

Malam itu, dia berduet dengan Marvin Winans, penyanyi gospel ternama Amerika Serikat yang begitu diidolakannya. “Mendengar lagumu, membantuku melewati tahun-tahun berat dalam hidupku. Setiap lagumu mengubah hidupku,” ujarnya pada Winans sebelum memulai duet mereka. 

Archie Williams. (Foto: NBC)

Tak hanya itu, America’s Got Talent juga ‘mempertemukan’ dirinya dengan keluarga Kerajaan Inggris, Meghan Markle. Secara khusus lewat sebuah video, aktris Suits itu memberikan dukungannya pada Williams. 

Siapa sebenarnya Archie Williams hingga dia mendapat sorotan begitu besar dari publik? Pria 60 tahun asal Baton Rouge, Louisiana itu merupakan mantan narapidana kasus pemerkosaan dan percobaan pembunuhan yang tak pernah dilakukannya. 

Peristiwa itu nahas itu, menurut The Advocate, bermula ketika dia masih berusia 22 tahun. Dia diciduk dan ‘dipajang’ di ruang kaca di mana korban -yang berada di bawah tekanan polisi- menunjuk dirinya sebagai pelaku pemerkosaan atas dirinya.

Baca juga: Pesan Manis Meghan Markle untuk Archie Williams di AGT 2020 

Dalam persidangan, tiga saksi mengaku, Archie Williams berada di rumah saat kejadian. Korban dalam kesaksiannya juga mengaku, pelaku memiliki tubuh yang lebih tinggi dari Archie dengan bekas luka pada dadanya. 

Namun kesaksian itu tak membuat Archie dibebaskan. Dia justru harus merasakan dinginnya lantai penjara selama 37 tahun. Saat audisi America’s Got Talent, dia tegas menolak semua kejahatan seksual yang dituduhkan padanya. 

“Aku tidak bersalah! Aku tidak melakukan tindak kriminal apapun. Tumbuh sebagai anak keturunan Afro-Amerika dan miskin, membuatku tak bisa melawan. Aku menghabiskan dekade demi dekade di penjara seperti mimpi buruk,” ujarnya.

Meski terkurung dalam penjara, namun Archie Williams tak membiarkan pikirannya juga ikut terkurung. Baginya, kebebasan ada di dalam pikiran. Meski di dalam penjara, namun dia tak pernah membiarkan pikirannya terpenjara. 

“Di tengah masa sulit itu, setiap hari aku hanya berdoa dan bernyanyi. Begitu caraku mendapatkan kedamaian,” ungkapnya menambahkan. 

Archie Williams. (Foto: NBC)

Setelah puluhan tahun mendekam di penjara, kasus Archie Williams mendapat titik terang. Pada 21 Maret 2019, hakim memerintahkan peninjauan sidik jari yang ditemukan di tempat kejadian. 

Berdasarkan pemeriksaan lanjutan, sidik jari di TKP tersebut ternyata cocok dengan sidik jari seorang pelaku tindak pemerkosaan berantai. Lewat bukti itu, Archie Williams dinyatakan tidak bersalah dan akhirnya dibebaskan.*

Baca juga: Alasan YouTuber Bobby Stuntrider Beli Celana Dalam Dinar Candy

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini