Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cat Antimikroba Diklaim Bunuh Kuman Penyakit, Apa Kata Ahli?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 620 2286005 cat-antimikroba-diklaim-bunuh-kuman-penyakit-apa-kata-ahli-24yqs4FzFk.jpg Ilustrasi (Foto : XYZ Painting)

Di masa pandemi seperti sekarang, banyak orang yang akhirnya memaksimalkan proteksi diri. Bukan sekadar menjalankan protokol kesehatan, tapi lebih rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan mengatur waktu istirahat dengan baik.

Tak sedikit juga yang kemudian memikirkan soal kondisi rumah yang bersih. Makanya, jangan heran kalau sekarang ini setiap rumah tampak lebih bersih dan rapih. Tidak hanya itu, segelintir orang bahkan mengandalkan cat rumah mengandung mikroban untuk memaksimalkan proteksi dari bahaya penyakit.

Cat Antimikroba

Ya, di pasaran mulai banyak produsen cat yang menjual cat rumah mengandung mikroban. Cat jenis ini diklaim bisa membunuh kuman penyebab penyakit dan dengan begitu, aktivitas di rumah saja bisa lebih nyaman dan merasa aman.

"Cat yang mengandung mikroban membuat dinding rumah terbebas dari bakteri dan kuman penyebab penyakit. Cat jenis ini pun bisa menghambat penyebaran virus di rumah, sehingga rumah jauh lebih sehat," kata Kris Adidarma, Ketua Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga : Adu Gaya Marion Jola Vs Brisia Jodie, Siapa Paling Gemas?

Dia melanjutkan, mikroban yang ada di dalam cat rumah itu akan bekerja dengan cara merusak pertumbuhan bakteri dan kuman sehingga menghasilkan permukaan dinding yang lebih sehat. Uniknya, fungsi tersebut tidak hilang dengan berjalannya waktu seperti bahan disinfektan lain.

"Jadi, meski dindingnya dicuci atau digesek dengan benda-benda fungsi mikrobannya tetap aktif selama film catnya masih ada," tambahnya.

Sementara itu, bagaimana menurut ahli terkait dengan proteksi tambahan ini?

Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sebagian besar barang-barang yang ada di dalam rumah mengandung banyak mikroba, dan tak sedikit yang menyebabkan penyakit. "Barang-barang di rumah itu disentuh manusia setiap hari dan jangan heran kalau pastinya ada materi mikroba di sana," ungkap CDC dalam laporan Global Industry Analysts.

Cat Antimikroba

Di laporan yang sama, diterangkan juga bahwa produk yang mengandung mikroba adalah salah satu segmen industri pelapis yang tumbuh paling cepat. Ini dikarenakan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan kesehatan. "Terlebih, kasus penyakit infeksi yang terus meningkat membuat banyak barang-barang ditambahkan bahan mikroban ke dalamnya untuk memberi proteksi tambahan," tulis laporan tersebut.

Dikatakan juga di sana bahwa cat yang mengandung mikroban adalah cat yang diformulasikan khusus dengan zat antimikroba. Fungsi utamanya tentu saja agar mengurangi kemampuan mikroorganisme tumbuh di dinding.

"Cat antimikroba tidak hanya mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi juga mencegah pertumbuhan jamur dan lumut. Cat ini pun mampu mengurangi kontaminan di udara dan mengurangi 99,9 persen dari semua patogen umum," tambah laporan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini