Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyik Gunung Kerinci Buka Jalur Pendakian, Kuota Terbatas

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 620 2286611 asyik-gunung-kerinci-buka-jalur-pendakian-kuota-terbatas-EWOIRNJa4J.jpg Gunung Kerinci. (Foto: Okezone)

TAMAN Nasional Kerinci Seblat dan Gunung Kerinci mulai dibuka kembali untuk umum. Tentu informasi ini menjadi kabar baik bagi para pendaki atau pencinta alam, untuk bisa kembali menjelajahi alam taman nasional di Sumatera.

Gunung Kerinci dengan ketinggian 3805 mdpl ini juga turut terdampak pandemi Covid-19. Hampir 8 bulan pandemi Covid-19 melanda, gunung yang dijuluki sebagai Atap Sumatera ini tidak membuka jalur pendakian.

Dilansir Okezone dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, melihat kembali surat edaran tentang pembukaan kunjungan kawasan wisata alam lingkup Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat bahwa seluruh kawasan wisata alam di TNKS dibuka kembali secara bertahap. Untuk mengunjungi kawasan tersebut, tentu dengan berbagai persyaratan dan pertimbangan yang harus dipatuhi bersama dalam masa transisi pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: 5 Spot Wisata di Yogyakarta yang Memesona

Dalam surat edaran yang dikeluarkan balai besar TNKS tersebut, berikut hal-hal yang perlu Okezoners perhatikan dan pahami. Apa saja ya?

gunung kerinci

"Seluruh kawasan wisata alam di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dibuka kembali secara bertahap. Kecuali lokasi wisata dengan pintu masuk berada di kaabupaten/kota berstatus zona resiko tinggi (zona merah)," bunyi surat edaran tersebut.

Selain itu, pengunjung wajib mematuhi surat keputusan kepala balai besar TNKS nomor: SK.163/T.1/BIDTEK/KSA/6/2020 tentang prosedur tetap (protap) pengelolaan kunjungan wisata alam di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), pada masa new normal pandemi Covid-19

Kemudian, Balai Besar TNKS akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut, dengan memerhatikan perkembangan persebaran corona virus disease (Covid-19) ke depan. Dengan adanya surat edaran tersebut, maka secara resmi kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) mulai dibuka kembali untuk umum.

Namun beberapa destinasi wisata yang ada di kawasan tersebut tetap dibatasi jumlah pengunjung yang datang sesuai dengan kuota yang diberikan. Seperti apa?

Dilansir Okezone dari instagram @indonesiantrekker, berikut ini beberapa destinasi wisata di kawasan TNKS yang membatasi jumlah pengunjung sesuai dengan kapasitas kuota yang berlaku dan untuk tahap awal lama kunjungan hanya diperbolehkan untuk satu hari atau one day trip.

1. Gunung Kerinci melalui pos R10 kersik tuo, kuota new normal (orang/hari) 43

2. Gunung Kerinci melalui camping ground bangun rejo, kuota new normal (orang/hari) 22

3. Gunung Tujuh, kuota new normal (orang/hari) 60

4. Danau Kaco, kuota 25 (orang/hari)

5. Bukit Tapan, kuota 25 (orang/hari)

6. Danau Bontak Camping Ground, kuota 600 (orang/hari)

7. Bumi Perkemahan MADAPI, kuota 322 (orang/hari)

8. Bukit Sulap, kuota 391 (orang/hari)

Baca Juga:  4 Air Terjun Spektakuler, Nomor 2 Tempat Syuting Film Bollywood

Sekadar informasi, Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan berada dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Asean Heritage Site dan World Heritage Site dari Unesco tahun 2004. Gunung Kerinci juga masuk kedalam Seven Summits of Indonesia atau puncak tertinggi di pulau-pulau utama Indonesia. G

Taman Nasional Kerinci Seblat juga merupakan habitat asli dari Harimau Sumatera atau dengan nama latin Phantera Tigris Sumatrae. Wisatawan maupun para pendaki juga mengincar Gunung Kerinci karena terpesona akan keindahannya.

Dengan dibukanya jalur pendakian Gunung Kerinci di era new normal, apakah Anda sudah siap mendaki lagi?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini