Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kadispar DIY: Bisnis Travel Harus Adaptif di Tengah Pandemi Covid-19

Jum'at 02 Oktober 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 620 2287316 kadispar-diy-bisnis-travel-harus-adaptif-di-tengah-pandemi-covid-19-68Prr8ES8k.jpg Kadispar DIY, Singgih Raharjo (Foto: KRjogja)

PARA pelaku industri pariwisata khususnya yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DI Yogyakarta diminta memberi pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan pendekatan teknologi di era 4.0 sekaligus era pandemi Covid-19.

Asita DIY harus mampu menciptakan terobosan skenario bisnis perjalanan yang adaptif terhadap pandemi Covid-19 dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung visi kepariwisataan DIY menjadi terkemuka di Asia Tenggara yang berkelas dunia pada 2025 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharjo mewakili Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X mengatakan sebagai asosiasi pelaku bisnis di bidang pariwisata, Asita tentu merasakan efek revolusi industri 4.0. Dalam era ini, Asita mendapat tantangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan pendekatan teknologi.

Baca juga: Selamat Hari Batik Nasional! Intip 4 Museum Batik di Indonesia

“Kami sangat berharap DPD Asita DIY dapat melahirkan tim pengurus baru yang peka terhadap perubahan-perubahan di antaranya menciptakan terobosan skenario bisnis perjalanan yang adaptif terhadap pandemi Covid-19. Kemudian manfaatkan teknologi dan mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung pariwisata DIY,” kata Singgih saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) DPD Asita 2020 di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta, dikutip dari laman KRjogja, Jumat (2/10/2020).

Singgih juga mengapresiasi akun Instagram DPD Asita DIY yang selalu memberikan update aktivasi dan kondisi pariwisata DIY. Dalam hal ini, Asita DIY telah memberikan image positif kepariwisataan DIY di masa pandemi Covid-19.

Sementara, DPP Asita ikut mengapresiasi kinerja kepengurusan DPD Asita DIY 2015-2020 yang tetap memberi informasi kondisi kepariwisataan DIY selama pandemi Covid-19.

"Saya harap kepengurusan DPD Asita DIY yang baru ini bisa melanjutkan yang baik dan melaksanakan yang belum dilakukan pengurus sebelumnya, kami berharap Asita DIY bisa lebih maju lagi terutama di era digital saat ini,” kata Wakil Ketua DPP Asita, Budi Ardiansyah.

Asita DIY juga diminta menyesuaikan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (RIPPARDA) 2012-2025 dengan visi menjadikan pariwisata DIY terkemuka di Asia Tenggara yang berkelas dunia.

“Ini tantangan yang berat dan kurang lebih lima tahun terakhir kedepan kita harus mampu mewujudkan visi RIPPARDA DIY tersebut. Semua harus meningkat lebih baik dengan Asita dan harus bersinergi tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” terang Ketua Asita DIY periode 2020-2025, Hery Setyawan.

Hery bertekad agar Asita DIY bisa menyesuaikan dengan kondisi pandemi agar mampu mewujudkan DIY menjadi destinasi unggulan di Asia Tenggara pada 2025. Untuk bertahan saat ini, setiap anggota Asita tidak bisa jalan sendiri-sendiri tetapi sama-sama bersinergi baik dengan stakeholder lainnya maupun dengan pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini