Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tokoh Berpengaruh yang Pernah Mengenakan Batik, Siapa Saja?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 620 2287479 4-tokoh-berpengaruh-yang-pernah-mengenakan-batik-siapa-saja-tCM6t93uyy.jpg (Foto: CNN)

Keindahan batik rupanya telah mencuri perhatian beberapa tokoh berpengaruh dunia. Batik memiliki motif dan warnanya yang khas. Busana batik menampilkan kesan elegan, dan enak dipandang mata.

Kain tradisional ini dicintai oleh Nelson Mandela, seorang tokoh perdamaian dunia yang juga pernah menjabat sebagai mantan Presiden Afrika Selatan. Selain Mandela, beberapa presiden maupun tokoh internasional lainnya sempat mengenakan batik dalam beberapa acara tertentu, termasuk saat melakukan kunjungan ke Indonesia.

Berikut ini tokoh dunia yang berpengaruh, yang pernah mengenakan pakaian batik, diambil dari berbagai sumber.

Bill Gates

Menjadi salah satu orang terkaya di dunia ini, tidak lantas membuat Bill Gates menyombongkan diri. Beberapa sumber menyebutkan bahwa gaya hidup Bill Gates justru jauh dari kata mewah. Keramahan serta sifat rendah hatinya itu juga ditunjukkan Bill Gates saat melakukan kunjungan ke Indonesia. Bos Microsoft ini memakai batik berwarna keemasan dengan motif pisang bali mangar pada acara Presidential Lecture featuring Billgates di Jakarta Convention Center tahun 2008.

Pada saat itu, tidak ada yang mengetahui bahwa Gates akan memutuskan mengenakan batik. Presiden SBY yang saat itu tidak mengetahui tamunya akan memakai batik, langsung mengganti kostumnya dari kemeja berdasi lengkap dengan jas, kemudian berbalik dan mengenakan batik berlengan panjang untuk menghormati Bill Gates.

 Keindahan batik rupanya telah mencuri perhatian beberapa tokoh berpengaruh dunia.

Barack Obama

Siapa yang tak kenal dengan Barack Obama? Sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden Amerika Serikat ini menjadi salah satu tokoh dunia yang cukup sering mengunjungi Indonesia.

Pria yang sempat tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini juga pernah mengenakan baju batik dengan motif yang dikenakan SBY pada acara East Asia Summit Indonesia pada 2011. Ia bahkan sempat mengungkapkan bahwa koleksi batik ibunya pernah dipamerkan di Los Angeles pada 2009.

 Keindahan batik rupanya telah mencuri perhatian beberapa tokoh berpengaruh dunia.

Baca juga: Posisi Tidur Berpengaruh pada Kesehatan Kulit, Benarkah?

Nelson Mandela

Selain artis dan penyanyi mancanegara, batik juga memiliki tempat tersendiri di hati para tokoh dunia, termasuk Nelson Rolihlahla Mandela atau yang dikenal dengan nama Nelson Mandela. Selain dikenal sebagai seorang revolusioner antiapartheid dan politisi yang pernah menjabat sebagain Presiden Afrika Selatan 1994 sampai 1999, ada salah satu fakta unik yang paling diingat oleh warga Indonesia dari Mandela yakni, konsistensinya dalam mengenakan batik nusantara dalam berbagai acara dan kunjungan negara, termasuk dalam sidang umum PBB.

Penerima Nobel Perdamaian ini bahkan sempat mendapat hadiah batik dari Jusuf Kalla, ketika pria berdarah bugis itu diangkat menjadi menteri perdagangan tahun 1999. Menurut Kalla, kecintaan Mandela terhadap batik Indonesia bermula ketika ia menerima hadiah batik saat mengunjungi Indonesia pada Oktober 1990, sebagai wakil ketua organisasi Kongres Nasional Afrika. Berawal dari kejadian tersebut, Mandela terus mengenakan batik dalam kunjungan kenegaraannya, hingga datang kembali ke Indonesia sebagai Presiden Afrika Selatan pada 1997 silam.

 Keindahan batik rupanya telah mencuri perhatian beberapa tokoh berpengaruh dunia.

Bill Clinton

Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, saat melakukan kunjungan ke Indonesia juga terlihat mengenakan batik. Kala itu, Clinton mengenakan batik berwarna cokelat kekuningan saat bertemu Presiden Soeharto. Uniknya, batik belum diresmikan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO, namun sudah menarik perhatian para tokoh dunia.

 Keindahan batik rupanya telah mencuri perhatian beberapa tokoh berpengaruh dunia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini