Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ucapan Terima Kasih Jokowi untuk TNI di Pedalaman, Pebatasan hingga Luar Negeri

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 620 2288728 ucapan-terima-kasih-jokowi-untuk-tni-di-pedalaman-pebatasan-hingga-luar-negeri-nt9Hf8nYo9.JPG Presiden Joko Widodo saat berpidato di HUT ke-75 TNI. Foto: Screenshoot dari Youtube Setpres

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI yang selama ini bertugas, baik yang di pedalaman, perbatasam negara, maupun yang di luar negeri.

"Yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di pulau-pulau terdepan, dan yang bertugas di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian," ujarnya saat menajadi Inspektur Upacara HUT ke-75 TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berterima kasih kepada prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas, setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Ia pun bersyukur lantatan karakter pejuang tertanam kuat dalam tubuh TNI. Menurutnya karakter itu harus terus menerus melekat dan di manapun TNI bertugas.

"Karakter prajurit yang selalu siap bersinergi, bekerja sama bahu membahu dengan berbagai elemen bangsa, sinergi antar-korps, sinergi antar-matra, sinergi antar-instansi dan sinergi antar TNI dan Polri," kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan sinergi adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan agar semakin kokoh dan efektif.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberi kejutan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada HUT ke-75 TNI di Subden Merdeka Barat Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: Aksi Heroik TNI yang Bikin Bangga, Nomor 5 Super Berani

Kehadiran Kapolri tersebut untuk menyampaikan secara langsung ucapan selamat. Dalam kesempatan itu, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas ucapan dan perhatian Kapolri serta seluruh jajaran kepolisian di seluruh Republik Indonesia.

Marsekal Hadi juga mendapat laporan bahwa kejutan di hari jadi TNI ini tidak saja diberikan kepada Panglima TNI tetapi diberikan kepada seluruh jajaran TNI di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke hingga ke satuan terkecil seperti Koramil.

“Saya yakin bahwa Sinergi TNI-Polri adalah kebutuhan bagi Bangsa Indonesia untuk menjaga utuhnya wilayah NKRI,” ujar Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Kisah 'Hantu Laut', Prajurit Marinir Penjaga Perbatasan Indonesia

(abp)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini