Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Kopi Tengah Digemari, Jenis Apa yang Paling Disukai?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 620 2288795 wisata-kopi-tengah-digemari-jenis-apa-yang-paling-disukai-ZRSdIOgpUq.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BERKUNJUNG ke kedai kopi memang jadi salah satu tren wisata kuliner yang digemari masyarakat. Tapi bagaimana dengan tren berwisata ke kebun kopi yang ada di Indonesia?

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) belum lama mengenalkan wisata kopi ke wisatawan. Agar menarik, banyak daerah penghasil kopi dan barista-barista ternama digandeng untuk mengenalkan kopi Indonesia

Diakui Pemenang 2019 & 2020 Indonesia Barista Champion Mikael Jasin, di tengah pandemi Covid-19, wisata kopi semakin diminati wisatawan. Saat datang ke suatu daerah, wisata kebun kopi bahkan dicari.

Baca Juga: Traveling ke Pematang Siantar, 5 Tempat Ini Paling Asyik Dikunjungi

kopi

"Wisata kopi lagi kencang, di Kintamani, Bali, misalnya. Wisatawan ke Bali, banyak yang ingin ke Kintamani," kata Mikael dalam Virtual Toffin E-Learning Center, Senin (5/10/2020).

Tren wisata kopi, menurut Mikael, digemari wisatawan karena mereka gemar meminum kopi. Begitu juga dengan industri kopi sedang naik daun, sehingga saat liburan banyak wisatawan ingin mampir ke kebun kopi.

"Sekarang banyak orang suka minum kopi susu, speciality coffee, atau kopi sachet. Pas liburan mereka pengen lihat. Mereka cari gimana caranya kopi dibuat, mereka datang ke pertanian, nyari biji kopi bentuknya gimana," tambah dia.

 

Seiring dengan kegiatan wisata kopi, banyak orang juga senang coffee hopping, khususnya di kota-kota besar. Tak heran jika banyak kedai kopi, bahkan jumlahnya sekira 3.000, berdasarkan riset Toffin Indonesia.

Ditambahkan Mikael, ketika coffee shop hopping, rupanya seseorang punya banyak keinginan. Tak sekadar mencari menu kopi yang disajikan, bahkan fasilitas di kedai kopi pun akan dicari.

"Memilih tempat ngopi sekarang enggak cuma bagus, tapi nyamkan. Lalu fasilitas jadi penentu, misalnya cari ada parkiran sepeda atau tidak. Lalu ada outdoor sitting-nya atau tidak," bebernya.

 kopi

Pada kesempatan sama, Head of Marketing Toffin Ario Fajar menjelaskan minuman kopi apa yang sedang jadi incaran masyarakat. Ario menyebut bahwa es kopi susu, minuman dengan aneka topping dan krim, serta minuman kopi klasik seperti latte dan cappucino, masih disukai.

Baca Juga: 4 Tips Wisata Bahari Aman dan Menyenangkan

"Tren 2021 tetap kopi susu kekinian, dengan penambahann flavor lainnya. Bahkan ada minuman kekinian, misalnya klepon latte itu booming," tutur Ario.

Ario mengatakan, banyak orang suka minum es kopi susu karena rasanya soft di mulut. Selain itu, para penggemar es kopi susu adalah peminum kopi mereka Generasi Z dan Y.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini