Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bansos Cair, Penyerapan Anggaran Kemensos Tertinggi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 11 Oktober 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 620 2291865 bansos-cair-penyerapan-anggaran-kemensos-tertinggi-pcBWriSE5o.jpg Penyaluran Bansos Tunai. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Penyerapan Anggaran Kementerian Sosial menjadi yang terbaik. Kemensos disebut memiliki anggaran belanja terbesar di antara seluruh kementerian/lembaga, mencapai Rp134,008 triliun karena ada penaikan anggaran di tengah pandemi Covid-19

Menteri Sosial Juliari P Batubara menyampaikan apresiasi terhadap segenap jajaran Kemensos atas capaian tersebut, Terlebih, Kemensos memegang peranan penting dalam penanganan Covid-19, khususnya dalam bidang penyediaan jaring pengaman sosial (JPS). Kemensos bertugas memastikan kehadiran negara lewat penanganan dampak pandemi kepada puluhan juta masyarakat miskin dan rentan.

Baca Juga: Kedisiplinan Pengelolaan APBN RI Sangat Terkenal dalam Sejarah

Tugas bidang JPS dalam bentuk bantuan sosial itu dituntut segera sampai pada masyarakat terdampak. Juliari menilai, kondisi tersebut merupakan ladang tugas mulia untuk membantu sesama.

"Kita tidak menyangka di tahun 2020 ini, ada bencana dahsyat di mana peran Kemensos sangat fundamental dalam hal perlindungan sosial terhadap masyarakat," kata Juliari dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (11/10/2020).

Anggaran Kemensos terus meningkat seiring tugas penanganan dampak pandemi di bidang JPS. Pagu Indikatif yang semula sebesar Rp62,7 triliun bertambah menjadi Rp104,4 triliun, Rp124 triliun, dan kini mencapai Rp134,008 triliun.

Baca Juga: 5 Fakta Defisit APBN Tekor Rp500 Triliun, Nomor 3 Jauh dari Harapan

“Jajaran Kemensos bersungguh-sungguh dan serius dalam bekerja sehingga program-programnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” Koordinator Nasional JIK, Irfaan Sanoesi.

Di tengah pendemi seperti sekarang, negara melalui Kemensos hadir dengan beragam bantuan bagi masyarakat.

Kemensos juga menjadi ujung tombak pemerintah dalam penyaluran bantuan bagi masyarakat Indonesia di tengah pendemi. Hal ini menjaga daya beli masyarakat kelas menengah dan bawah

“Masyarakat secara nyata merasakan program Kemensos sejak awal kehadiran virus corona. Maka dari itu, tak kaget jika Kemensos menjadi K/L dengan penyerapan anggaran tertinggi di antara K/L lain,” terangnya.

Ketua Rumah Nusantara Lembaga Sosial Lintas Kultural Agung Bakar mengakui, pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap lini kehidupan. Khususnya pekerja seni, sebab tidak bisa lagi berkarya dan berekspresi sejak Maret lalu.

"Bantuan Kemensos sangat membantu untuk lintas budaya, terutama di Kabupaten Klaten. Saya sangat berharap, bisa bersinergi dengan Kementerian Sosial karena masalah sosial merupakan masalah besar," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini