Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter Sarankan Tak Makan dan Minum di Bioskop

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 620 2292116 dokter-sarankan-tak-makan-dan-minum-di-bioskop-rX5xws4hqp.jpg Nonton Bioskop (Foto: Hollywood Reporter)

Jika Anda termasuk orang yang sudah sangat rindu nonton film di bioskop, maka protokol kesehatan yang sangat ketat wajib dijalankan. Walau, amannya jangan dulu jika kasus konfirmasi Covid-19 di wilayah Anda masih memperlihatkan kenaikan yang tinggi.

Tidak ada larangan untuk mendatangi bioskop, tapi Anda mesti tahu bahwa risiko penyebaran virus corona di bioskop itu sangat tinggi. Salah satunya faktor sirkulasi udara yang dinilai tidak baik di dalam bioskop.

 Bioskop

Lalu, apakah pengunjung masih diperkenankan untuk makan dan minum saat menonton film di bioskop?

Beberapa dokter menyarankan untuk tidak melakukannya. Ini karena Anda akan membuka masker bersama dengan orang asing di dalam ruangan bioskop dan kalau sudah begini, pertahanan Anda terhadap virus corona tidak ada lagi.

Ahli Kesehatan dan pendiri Give Space, Carol. A. Winner, MPH menyarankan, agar masyarakat yang mau ke bioskop memastikan bahwa tempat yang mereka tuju menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Petugas mewajibkan pengunjung menggunakan masker dan tidak duduk berkerumun saat menunggu studio di buka.

Terkait dengan makan dan minum saat menonton film di bioskop, Winner, menyarankan tidak melakukannya.

 Baca juga: Ini Penjelasan Alquran dan Sains Mengenai Terbentuknya Alam Semesta

"Saya tidak akan melepaskan masker untuk makan atau minum. Bahkan, saya tidak akan menggunakan toilet umumnya," tegasnya, dikutip dari Health.

Di sisi lain, Pemimpin Kedokteran di St. Joseph's Health di New Jersey sekaligus profesor kesehatan di New York Medicine College, dr Robert Lahita, menyatakan bahwa makan dan minum di bioskop sama saja Anda makan prasmanan.

"Saat Anda makan dan minum di ruangan bioskop, itu sebanding dengan Anda makan dari prasmanan," papar dr Lahita, menurut laporan Vulture.

Lebih jelasnya dr Lahita menuturkan bahwa saat Anda membeli makanan, ada pertukaran uang di sana, Anda meletakkan tangan di atas meja secara tidak langsung, dan sebagainya. Meskipun, beberapa gedung bioskop akan memberikan fokus layanan pada non-tunai, tapi tetap saja aktivitas lainnya sulit untuk dikendalikan.

"Ketika orang di sekitar Anda batuk atau bersin atau tertawa tanpa pakai masker, di samping itu Anda sedang melepas masker untuk makan atau minum, ini sangat berisiko," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini