Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persiapan Buka Setelah Pandemi, TMII Benahi 10 Wahana

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 620 2294036 persiapan-buka-setelah-pandemi-tmii-benahi-10-wahana-VReE23lQbT.jpg Wahana di TMII. (Foto: Instagram/@tamanmini.indonesia)

DEMI menggaet wisatawan di masa pandemi Covid-19, Taman Mini Indonesia Indah melakukan renovasi di sejumlah wahana. Banyak bangunan hiburan yang rusak, sehingga perlu dipercantik agar wisatawan betah.

"Kurang lebih ada 7 sampai 10 unit sedang dilakukan renovasi, itu yang besar-besar," tutur Manajer Teknik dan Bangunan TMII Hudi Nursamsi, lewat keterangan resminya, Kamis (15/10/2020).

Hudi menambahkan, selain wahana wisata, ada pula perbaikan lainnya, seperti drainase. Saat awal 2020, terdapat genangan di sejumlah area wahana TMII.

"Selama 45 tahun, drainase di TMII belum diperbaiki. Prioritas kita saat ini drainase agar saluran air banyak ke dalam dan keluar lancar dan terarah. Karena pernah terjadi genangan saat tahun baru kemarin di parkiran wisata Dunia Air Tawar," kata Hudi.

Hudi pun mengakui, jika infrastruktur TMII sangat butuh perhatian khusus, masih banyak tempat-tempat wisata yang perlu diperbaiki. Namun, TMII saat ini masih melakukan pendataan untuk yang lebih diprioritaskan.

Baca Juga: Melongok Tanaman Kaktus Langka 2,5 Meter di TMII

tmii

"Kita perbaiki secara bertahap, kita data mana yang lebih urgent yang benar-benar harus diperbaiki," sambung Hudi.

Di samping itu, Hudi pun berharap agar pandemi Covid-19 ini cepat berlalu, sehingga bisa berjalan normal kembali. Baik dari sektor pariwisata dan sektor-sektor yang lain, agar perekonomian di Indonesia pulih.

"Harapannya agar pandemi ini cepat berlalu, agar seluruh sektor baik parawisata dan lain-lain bisa kembali normal seperti dulu," harap Hudi.

 

Hudi pun memastikan, TMII menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Selain itu, pengunjung juga tetap diwajibkan melakukan reservasi secara daring, dan juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki kawasan TMII.

Sejak dibuka kembali, pengelola TMII menunjukkan komitmennya dalam mencegah penularan virus Covid-19 di dalam kawasan rekreasi secara maksimal. Beberapa hal yang secara konsisten diterapkan adalah menjaga kebersihan seluruh lokasi taman dan juga prasarana umum yang terdapat di dalam kawasan tersebut.

Baca Juga: Berwisata ke Bali, Pevita Pearce Adu Nyali di Silakarang Adventure

taman kaktus

Penambahan fasilitas kebersihan juga dilakukan dengan menyediakan tempat mencuci tangan dan penyediaan hand sanitizer yang dapat terjangkau dengan mudah oleh pengunjung, serta melakukan pembersihan prasarana dengan disinfektan secara rutin.

Dengan dibukanya kembali TMII untuk publik, semua pengunjung diharapkan dapat menaati protokol kesehatan yang ditetapkan. Kemudian mempersiapkan diri dengan membawa peralatan pribadi, seperti alat ibadah, juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan.

"Imbauan ini akan terus dilakukan oleh petugas maupun papan informasi, agar semua pihak baik pengunjung dan karyawan TMII dapat mencuci tangan dengan sabun lebih sering, dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih," pungkas Hudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini