Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Bepergian, Perhatikan Protokol Kesehatan ketika Tiba di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 620 2294783 setelah-bepergian-perhatikan-protokol-kesehatan-ketika-tiba-di-rumah-DDwq4zPQ7u.jpg (Foto: Shutterstock)

VIRUS corona atau Covid-19 bisa menular dengan cepat lewat kontak dengan anggota keluarga terdekat. Oleh sebab itu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan sangat disarankan untuk mencegah penularan penyakit ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mematuhi protokol kedatangan ketika baru pulang bekerja atau usai beraktivitas di luar ruangan. Berikut protokol kedatangan ketika sampai rumah dari bepergian supaya terhindar dari virus corona dari dr. Reisa Broto Asmoro. Yuk disimak.

1. Buka sepatu sebelum masuk ke rumah.

2. Bersihkan sepatu dengan cairan desinfektan pada seluruh sisi sepatu.

3. Bersihkan pula barang-barang yang kita bawa pergi misalnya tas, ponsel, kacamata, kunci, pulpen, perangkat kerja, bahkan laptop sampai tablet.

4. Kalau berbelanja, buang segera kantong belanjanya atau bawa sendiri kantong belanja yang terbuat dari kain sehingga bisa di cuci. Jangan lupa buang semua tanda terima pembelian seperti kuitansi, bon-bon atau kertas yang bisa di buang.

5. Masuk rumah dengan bertelanjang kaki atau tanpa alas kaki, kemudian langsung cuci tangan. Jangan lupa bersih-bersihnya dengan sabun antiseptik dan air yang mengalir selama 20 detik.

6. Begitu masuk rumah jangan lantas duduk di kursi atau di tempat tidur. Lebih baik langsung masuk ke kamar mandi dan buka pakaian kotornya, langsung tempatkan ke tempat baju kotor yang khusus dan tertutup, lalu bawa ke mesin cuci.

7. Langsung segera mandi, gosok gigi, keramas dan lain-lain.

8. Kenakan pakaian yang bersih dan baru, baru kemudian boleh menyentuh barang-barang dan bertemu dengan keluarga.

 Mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan sangat disarankan untuk mencegah penularan penyakit.

Baca juga: 3 Khasiat Roti Gandum untuk Kesehatan, Apa Saja?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini