Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dovizioso: Musuh Utama di MotoGP Aragon 2020 Adalah Suhu Dingin

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 620 2294850 dovizioso-musuh-utama-di-motogp-aragon-2020-adalah-suhu-dingin-exreDUqiTA.jpg Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. (Foto: Twitter/AndreaDovizioso)

ARAGON – Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso tengah mengincar kemenangan keduanya di MotoGP 2020. Ia akan mewujudkan targetnya tersebut saat mentas di MotoGP Aragon 2020 yang akan berlangsung pada Minggu 18 Oktober 2020.

Dovizioso sendiri mengakui tak mudah untuk dapat menang, apalagi ia harus tampil di Sirkuit Aragon, Spanyol disaat trek tersebut sedang dalam keadaan kondisi cuaca yang dingin. Jadi, bisa dikatakan suhu yang dingin itu adalah musuh utama Dovizioso di seri ke-10 MotoGP 2020.

Seperti yang diketahui, biasanya balapan di Sirkuit Aragon digelar pada September. Namun, karena wabah virus corona, gelaran MotoGP 2020 pun sangat terlambat untuk memulai seri perdananya karena adanya penundaan.

Baca Juga: Dovizioso Waspadai Vinales dan Quartararo di MotoGP Aragon 2020

Fakta menarik MotoGP Aragon

Imbas dari penundaan itu pun membuat seri Aragon kini dihelat di pertengahan Oktober dan hal tersebut membuat para pembalap MotoGP menghadapi masalah baru. Masalah itu tentu kondisi suhu lintasan yang kini semakin dingin.

Menurut pemaparan Dovizioso, setidaknya pada malam hari suhu di Aragon bisa mencapai 3-5 derajat celcius. Pada pagi hari mungkin ada kenaikan suhu, namun Dovizioso tetap merasa hal tersebut tidak terlalu berpengaruh.

Lalu apa hubungannya suhu yang dingin dengan hasil balapan nanti? Hubungannya jelas terkait kondisi aspal, di mana suhu dingin membuat cengkraman ban terhadap aspal Sirkuit Aragon tak sebaik ketika di cuaca yang panas.

Suhu yang dingin membuat aspal pun menjadi sedikit lebih licin dan hal itu jelas menjadi hal yang berbahaya untuk para pembalap MotoGP. Mereka tak bisa memacu kuda besinya di kecepatan terbaik dan terus harus waspada agar tidak terpeleset.

“Kondisi cuaca jelas harus diwaspadai. Mungkin saja balapan nanti akan menjadi situasi terdingin di balapan musim ini. Sebab suhunya diprediksi akan menjadi 3-5 derajat (celcius) pada malam hari,” kata Dovizioso, dikutip dari Crash, Jumat (16/10/2020).

Andrea Dovizioso

“Pada pagi hari suhu akan bertambah beberapa derajat, tapi tidak terlalu banyak. Dengan begitu, di sini seperti di beberapa tikungan sulit maka akan sulit untuk mendapatkan panas pada ban. Hari ini saja anginnya berhembus cukup kencang,” tambah rider asal Italia tersebut.

Apa yang ditakutkan Dovizioso pun terbukti nyata dan terlihat di sesi latihan bebas pertama MotoGP Aragon 2020 yang dihelat pada Jumat (16/10/2020) sore WIB. Sebab ada banyak rider yang mengalami insiden terpeleset dari motornya karena aspal yang masih begitu dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini