Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pensiun, Ini Permintaan Khabib Nurmagomedov kepada UFC

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 620 2299253 pensiun-ini-permintaan-khabib-nurmagomedov-kepada-ufc-3adySa7DD1.jpg Khabib Nurmagomedov mengepalkan tangan ke udara (Foto: Twitter/@UFC)

ABU DHABI – Keputusan Khabib Nurmagomedov untuk pensiun dari ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) mengejutkan banyak pihak. Setelah mengumumkan pensiun, petarung asal Rusia itu mengungkapkan satu permintaan khusus kepada UFC.

Sebagaimana diketahui, Khabib Nurmagomedov menang submission atas Justin Gaethje pada UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (25/10/2020) dini hari WIB. Kemenangan itu menyempurkan rekornya di UFC, yakni 29 pertarungan tanpa terkalahkan.

Setelah pertarungan, Khabib Nurmagomedov langsung mengungkapkan keputusan untuk pensiun. Menyadari rekornya sangat apik di ajang UFC, petarung berusia 32 tahun itu punya permintaan khusus kepada Dana White.

Baca juga: Sebelum Menang, Khabib Sempat Kalah Angka dari Gaethje

Khabib Nurmagomedov berhasil memaksa Justin Gaethje menyerah (Foto: Twitter/@UFC)

“Saya hanya punya satu permintaan kepada UFC pada Selasa (27 Oktober 2020), Anda harus menaruh saya di ranking teratas dunia karena saya pantas mendapatkannya,” ujar Khabib Nurmagomedov, dikutip dari TASS, Minggu (25/10/2020).

Dengan kemenangan itu, Khabib Nurmagomedov berhak mempertahankan sabuk gelar juara kelas ringan menengah. Petarung berjuluk Si Elang itu meninggalkan warisan yang sangat berharga buat UFC.

Terkait keputusannya untuk pensiun, Khabib Nurmagomedov mengaku sudah mendiskusikannya dengan ibunda. Sebab, sang ibu tidak mau anaknya itu terus bertarung tanpa didampingi ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah. Ketika UFC mendekati saya untuk pertarungan melawan Justin, saya berbicara dengan ibu selama tiga hari,” aku Khabib Nurmagomedov, disitat dari TalkSport.

“Dia tidak mau saya bertarung tanpa kehadiran ayah, lalu saya bilang ini pertarungan terakhir, dan saya sudah memenuji janji itu,” tukas pria yang menguasai teknik bela diri sambo itu.

Keputusan untuk gantung sarung tangan itu disambut dengan reaksi beragam dari berbagai pihak. Salah satu yang turut memberikan penghormatan adalah rival beratnya, Conor McGregor. Petarung berkebangsaan Republik Irlandia itu tak lupa memberikan penghormatan kepada Abdulmanap.

“Penampilan yang bagus Khabib. Hormat dan duka cita mendalam kembali atas kehilangan ayahmu, untukmu dan keluarga. Dengan hormat, McGregor,” cuit Conor McGregor di akun Twitter @TheNotoriousMMA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini