Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasihat Terakhir dari Pelatih Usai Khabib Nurmagomedov Pensiun

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 620 2300646 nasihat-terakhir-dari-pelatih-usai-khabib-nurmagomedov-pensiun-VDpFqHZvDN.jpg Khabib Nurmagomedov menangis (Foto: Twitter/@UFC)

ABU DHABI – Emosi membuncah ketika Khabib Nurmagomedov selesai mengumumkan keputusan untuk pensiun. Sang pelatih, Javier Mendez, memberikan nasihat terakhir seraya memeluk petarung berusia 32 tahun itu agar dirinya melepaskan semua kesedihan.

Sebagaimana diketahui, Khabib Nurmagomedov sukses memaksa Justin Gaethje untuk menyerah pada ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu 25 Oktober 2020 dini hari WIB. Kemenangan itu menggenapkan rekornya di kelas ringan menjadi 29 pertarungan tanpa kalah.

Kejutan terjadi selepas pertarungan. Dengan mimik wajah yang datar, Khabib Nurmagomedov mengumumkan keputusan untuk pensiun dari MMA. Jelas saja, keputusan itu membuat cukup banyak pihak terhenyak, termasuk Javier Mendez.

Baca juga: Ngeri, Khabib Nyaris Buat Tewas Lawan Pertamanya Vusal Buyramon

Khabib Nurmagomedov diliputi perasaan emosional (Foto: Twitter/@UFC)

Ketika melihat anak asuhnya menangis, Javier Mendez langsung memberikan penghiburan. Ia sungguh maklum karena banyak hal yang dilalui Khabib Nurmagomedov hingga mencapai titik ini. Karena itu, Mendez menyuruh Khabib untuk meluapkan semua kesedihannya.

“Lihat bagaimana dia menangis pada akhir pertarungan. Dia berderai air mata. Itu adalah emosi yang membuncah, duka yang mendalam. Saya datang padanya dan mengatakan, ‘Saya menyayangi kamu. Menangislah. Biarkan semuanya mengalir,’” ucap Javier Mendez, dikutip dari MMA Junkie, Rabu (28/10/2020).

“Dia pantas untuk menangis. Anak itu menyimpan semuanya di dalam. Kesedihan itu membantunya sampai pada titik ini,” sambung pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu.

Dengan pensiun, Khabib Nurmagomedov disebut sebagai sosok yang menyayangi keluarganya. Betapa tidak, keputusan itu diambil setelah berdiskusi panjang selama tiga hari dengan ibundanya, Patimat Nurmagomedova.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah. Ketika UFC mendekati saya untuk pertarungan melawan Justin, saya berbicara dengan ibu selama tiga hari,” ucap Khabib Nurmagomedov, dikutip dari TalkSport.

“Dia tidak mau saya bertarung tanpa kehadiran ayah. Lalu saya bilang ini pertarungan terakhir, dan saya sudah memenuji janji itu,” tukas pria asal region Dagestan tersebut.

Presiden UFC, Dana White, tidak yakin Khabib Nurmagomedov akan kembali dari masa pensiun suatu hari nanti. Sebab, tekadnya sudah bulat untuk gantung sarung tangan. Ia juga tidak akan memaksanya untuk kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini