Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata Anda

Novia, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 620 2300790 penyebab-dan-cara-menghilangkan-lingkaran-hitam-di-mata-anda-J5HBMxe80F.jpg Mengatasi lingkaran hitam di mata (Foto: Mamamia)

Kebanyakan orang pasti bertanya-tanya, mengapa Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata. Lingkaran hitam inilah yang membuat seseorang tampak tua, tidak sehat, dan lelah.

Meski lingkaran hitam sering dianggap sebagai tanda kelelahan, ada sejumlah faktor lain yang juga berkontribusi. Dermatitis atopik (eksim), dermatitis kontak, gen, penyimpangan pigmentasi. Namun penyebab paling umum sebagai berikut.

 susah tidur

1. Kurang tidur

Kelelahan merupakan pertanda tubuh Anda belum cukup istirahat. Kurang tidur memungkinkan jaringan gelap dan pembuluh darah muncul di kulit. Hal ini dapat membuat kulit kusam dan pucat.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata, menyebabkan kelopak mata bengkak. Lingkaran hitam yang Anda lihat akibat kurang tidur menjadi lebih gelap karena bayangan kelopak mata yang bengkak.

 Baca juga: 5 Potret Airport Style Wika Salim, Kece Badai!

2. Alergi

Selama reaksi alergi, tubuh kita melepaskan histamin (komponen organik - neurotransmitter di otak), yang dapat menyebabkan gejala tidak nyaman di tubuh seperti gatal, kemerahan, dan mata bengkak serta lingkaran hitam.

Histamin juga bisa melebarkan pembuluh darah. Beberapa alergi bisa menyebabkan keinginan untuk menggosok dan menggaruk kulit di sekitar mata. Ini bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan, yang bisa menyebabkan lingkaran hitam di mata.

Lalu bagaimana cara mengatasi lingkaran hitam di mata?

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini