Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Situs Warisan Dunia Paling Memukau Traveler

Senin 02 November 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 620 2302832 10-situs-warisan-dunia-paling-memukau-traveler-MXlyh37HQV.jpg Opera Sydney. (Foto: Okezone)

KETIKA liburan, Anda mesti berkunjung ke situs warisan dunia setidaknya sekali seumur hidup. Di berbagai belahan negara, ada situs warisan dunia UNESCO yang memukau traveler.

Situs warisan dunia adalah area atau landmark yang dipilih oleh UNESCO (Badan PBB bidang Kebudayaan) karena kepentingan ilmiah, sejarah, atau budayanya. Situs-situs ini dilindungi oleh berbagai perjanjian global.

Hingga Juli 2018 ada sekira 1.092 Situs Warisan Dunia UNESCO yang tersebar di 167 negara. Berikut 10 situs warisan dunia paling banyak dikunjungi, dilansir dari Worldatlas.

1. Kota Terlarang, China

 kota

Mengutip Sindonews, Kota Terlarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987. Dulunya, Kota Terlarang merupakan istana untuk para kaisar dari dua dinasti, Ming dan Qing. Pada 2020 menandai peringatan 600 tahun Kota Terlarang.  

Kota Terlarang yang juga dikenal sebagai Museum Istana itu dibangun pada 1406-1420. Meski umurnya sudah ratusan tahun, sebagian besar bangunan yang dilihat saat ini adalah konstruksi dan renovasi Dinasti Qing abad ke-18. Di dalam Kota Terlarang terdapat 900-an bangunan.

Baca Juga: Viral Foto Anaconda Raksasa Melintang di Jalanan Brazil

Jumlah rata-rata pengunjung : 14 juta

2. Kulangsu, China

Pulau kecil ini terletak di lepas pantai Xiamen di China Tenggara, sekitar 20 menit menggunakan feri dari kota besar. Kulangsu hanya dapat diakses oleh pejalan kaki. Dahulu, pulau ini merupakan pemukiman yang dihuni oleh para imigran dari berbagai penjuru dunia. Dengan gaya arsitektur khas, Kulangsu telah menjadi rumah bagi pantai-pantai ciamik yang melingkupinya.

Jumlah rata-rata pengunjung : 12,4 juta

3. Taman Nasional Pegunungan Great Smoky, Amerika Serikat (AS)

Taman Nasional Great Smoky Mountains membentang di area seluas 200.000 hektare, dengan ditumbuhi oleh 3.500 jenis tanaman dan dihuni sejumlah fauna langka. Kawasan taman nasional ini nyaris tidak tersentuh oleh aktivitas manusia, sehingga sangat cocok menjadi tempat bagi spesies hutan beriklim sedang. (Baca juga: Tren Aneh Muncul, Pesawat Terbang dan Mendarat di Bandara yang Sama)

Kawasan Great Smoky Mountains terletak di paling selatan rangkaian Pegunungan Applachian di antara Tennessee dan Carolina Utara. Wilayah hutan itu juga dilewati oleh Sungai Tennesse Kecil di selatan, Sungai French Board di utara, dan Sungai Pingeon di timur.

Baca Juga: Unik, Peternakan Sapi Ini Bertransformasi Menjadi Kafe

Jumlah rata-rata pengunjung : 11 juta

4. Tembok Besar, China

Jumlah rata-rata pengunjung : 10 juta

Tembok Besar China atau The Great Wall of China merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Tembok ini melintang mengikuti pegunungan utara China dengan tembok-tembok kecil yang mencapai panjang 8.851 km.

Tembok yang berusia lebih dari 2.000 tahun ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di negeri tirai bambu. Tiap tahun, tercatat 10 juta turis dari mancanegara datang ke destinasi wisata ini.

5. Gyeongju, Korea Selatan

Kawasan Bersejarah Gyeongju merupakan peninggalan budaya bercorak Buddha dari Dinasti Silla yang menguasai semenanjung Korea sejak tahun 57 SM sampai 935 M. Kawasan ini terbagi ke dalam beberapa wilayah.

Gyeongju dianggap sebagai salah satu kota penting di Korea Selatan karena memuat situs Kerajaan Silla, yakni kerajaan kuno di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 57 SM hingga 935. Dikenal juga sebagai Museum Tanpa Dinding, dengan menelusuri Gyeongju Sahabat Silir bisa menemukan banyak situs dan peninggalan bersejarah di tempat ini. (Baca juga: Sihir Kota-kota di Atas Gurun Pasir)

Oleh karenanya, tak heran jika UNESCO menunjuk kota ini sebagai Warisan Sejarah Dunia. Kawasan Bersejarah Gyeongju ini ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage Site pada tahun 2000.

Jumlah rata-rata pengunjung: 9 juta

6. Banks of the Seine, Prancis

Sungai Seine adalah sungai sepanjang 775 kilometer (482 mil) yang membelah kota Paris. Seperti banyak kota besar Eropa lainnya, Paris memiliki dua sisi. Di jalan-jalan yang lebih kecil, melalui lingkungan yang tenang dan kafe pinggiran kota, adalah kota nyata tempat penduduk tinggal dan bekerja. Bagian kota inilah yang ditambahkan UNESCO ke Daftar Warisan Dunia pada tahun 1991.

Daftar resmi Bank of the Seine membentang di sepanjang sungai dari Pont de Sully hingga Pont d'lena. Dalam istilah awam, itu pergi dari Notre Dame ke Menara Eiffel. Di sepanjang jalan terdapat beberapa situs kota yang paling terkenal termasuk The Louvre, Musee D’Orsay, Les Invalides, Grand Palais dan Mint.

Jumlah rata-rata pengunjung : 8,1 juta

7. Sydney Opera House, Australia

Siapa yang tidak mengenal Sydney Opera House. Tempat wisata bersejarah dan telah terdaftar sebagai situs warisan budaya UNESCO ini adalah simbol pariwisata Australia. (Baca juga: Monyet Mabuk di India Dihukum Penjara Seumur Hidup)

Terletak di dekat Sydney Harbour Bridge di New South Wales, Sydney Opera House adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Selain sebagai objek wisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukkan teater, balet dan berbagai seni lainnya.

Jumlah rata-rata pengunjung: 8 juta

Baca Juga: Keren, Restoran di Bandung Ini Berbentuk Kastil Abad Pertengahan

8. Taj Mahal, India

 taj mahal

Menjadi arsitektur paling indah di dunia, ‘monumen cinta’ ini menerima pelancong dan wisatawan dari seluruh dunia. Saat ini, bangunan yang indah ini berdiri sebagai kesaksian cinta suami untuk istri tercinta.

Taj Mahal dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal. Marmer putih digunakan untuk membangun mausoleum ini dan merupakan pemandangan yang patut dilihat dan dikenang. Taj Mahal berada di Agra, negara bagian Uttar Pradesh.

Jumlah rata-rata pengunjung: 8 juta

9. Par Force Hunting Landscape, Denmark

Terletak sekitar 30 km timur laut ibu kota Kopenhagen, lanskap budaya ini mencakup dua hutan perburuan Store Dyrehave dan Gribskov, serta taman berburu Jægersborg Hegn / Jægersborg Dyrehave. (Baca juga: Mengintip Rumah Termahal Sejagat Milik Putra Mahkota Arab Saudi)

Ini adalah lanskap yang dirancang di mana raja-raja Denmark mempraktikkan perburuan par force, atau berburu dengan anjing, yang mencapai puncaknya antara abad ke-17 dan akhir abad ke-18, ketika raja-raja absloute mengubahnya menjadi lanskap kekuasaan.

Jumlah rata-rata pengunjung: 7,8 juta

10. Istana Versailles, Prancis

Istana Versailles merupakan kediaman kerajaan utama Raja Prancis dari 1682, di bawah Louis XIV, sampai dimulainya Revolusi Prancis pada 1789, di bawah Louis XVI. Terletak di departemen Yvelines, di wilayah Île-de-France, sekitar 20 kilometer barat daya pusat kota Paris.

Istana Versailles sekarang menjadi Monumen bersejarah dan situs Warisan Dunia UNESCO. Istana Versailles adalah salah satu istana terbesar dan paling mewah di dunia.

Jumlah rata-rata pengunjung: 7,5 juta

*Rata-rata pengunjung sejak 2012

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini