Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo Emmanuel Macron, Massa Umat Islam: Allahu Akbar!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 02 November 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 620 2302859 demo-emmanuel-macron-massa-umat-islam-allahu-akbar-1ioTfctYBE.jpg Umat Islam berunjuk rasa karena tersinggung oleh ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto: Fahreza Rizky

JAKARTA – Umat Islam tersinggung oleh sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang membela penerbitan karikatur Nabi Muhammad. Oleh karena itu ribuan warga Muslim demo di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020).

Sejumlah orator tampak memandu aksi tersebut, salah satu yang bersuara lantang yakni Juru Bicara PA 212, Haikal Hassan. Ia mengaku tak gentar membela Nabi Muhammad.

“Untuk Rasulullah enggak ape-ape ditangkap. Untuk Rasulullah enggak ape-ape ditembak,” ujarnya.

Kontan massa di lokasi meneriakkan kalimat takbir berkali-kali, “Allahu Akbar”.

Sementara itu sejumlah orang tampak melakukan aksi merobek foto Macron. Serpihan kertas yang sudah tercecer kemudian diinjak-diinjak sebagai bentuk ekspresi kemarahan.

BACA JUGA: Kecam Pernyataan Macron yang Hina Islam, Kemlu RI Panggil Dubes Prancis

Sementara itu orator lainnya mengatakan pernyataan Macron merupakan cermin kepanikan Prancis atas masifnya dakwah Islam di penjuru dunia. "Pernyataan Macron merupakan bentuk kepanikan," tegas orator tersebut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengecam pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang telah menghina agama Islam. Menurutnya, pernyataan tersebut bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia.

Hal tersebut dikatakan Jokowi usai menggelar pertemuan dengan pemimpin organisasi keagamaan di Indonesia, antara lain Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Konferensi Waligereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Persatuan Umat Buddha Indonesia dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia.

Baca Juga: Demo Kecam Macron, Massa Serukan Boikot Produk Prancis

"Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia yang bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia," ujar Jokowi saat konferensi pers secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020).

 

(abp)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini