Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Long Weekend, 15 Bandara Angkasa Pura Layani 453.556 Penumpang

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 620 2303892 long-weekend-15-bandara-angkasa-pura-layani-453-556-penumpang-lxTYOL1tJR.jpg Bandara (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Libur panjang alias long week end maulid nabi menjadi berkah bagi industri penerbangan termasuk operator bandara. Karena momen libur panjang ini membuat trafik penumpag di bandara mengalami kenaikan.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura I (Persero), pada 28 Oktober hingga November, trafik penumpang mencapai 453.556 penumpang. Angka ini mengalami kenaikan 17,9% dibandingkan minggu sebelumnya yang hanya 384.535 penumpang.

Baca Juga: Libur Panjang Bawa Berkah untuk Pengusaha Hotel

Direktur Utama Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, pertumbuban ini juga tidak terlepas dari stimulus yang diberikan pemerintah mulai 23 Oktober lalu. Ketika itu, pemerintah memberikan stimulus passenger service charge (PSC) yang bertepatan dengan momen libur panjang (long weekend) maulid Nabi Muhammad SAW.

“Peningkatan trafik tersebut juga didorong oleh stimulus pelayanan jasa penumpang pesawat udara atau passenger service charge yang diterapkan Pemerintah mulai 23 Oktober lalu dan bertepatan dengan momen libur panjang cuti bersama Maulid Nabi. Kami berterima kasih kepada Pemerintah atas stimulus yang diberikan kepada sektor transportasi udara sebagai bagian dari upaya program Pemulihan Ekonomi Nasional," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (3/11/2020).

 

Puncak arus mudik libur panjang terjadi pada 28 Oktober dengan trafik di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 103.506 penumpang. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada 1 November dengan trafik mencapai 109.725 penumpang.

Faik Fahmi menambahkan, untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, Angkasa Pura I juga telah menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandaranya dengan biaya di 8 bandara besar yang hanya sebesar Rp85.000 per 14 September lalu. Fasilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Penyediaan fasilitas rapid test ini juga dilakukan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I.

Follow Berita Okezone di Google News

(kmj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini