Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Fakta, Banyak 'Bintik Putih' di Sekitar Kemaluan Pertanda HIV Positif?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 620 2304710 cek-fakta-banyak-bintik-putih-di-sekitar-kemaluan-pertanda-hiv-positif-zIUVAzqLF8.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Menyadari ada hal tidak benar di tubuh bukan sesuatu yang salah. Menjadi keliru adalah ketika Anda melakukan diagnosis sembarangan dan melakukan pengobatan tanpa anjuran dokter.

Deteksi penyakit bisa dikenali jika ada kelainan di tubuh Anda, misalnya saja adanya bintik putih di sekitar kemaluan. Bintik-bintik tersebut bukan sesuatu yang wajar ada di sana dan jika ada maka Anda perlu waspada.

"Adanya bintik-bintik putih atau dalam dunia medis disebut dengan Moluskum Kontagiousum (MK) di sekitar kemaluan bisa menjadi tanda kalau seseorang itu positif HIV, terlebih jika jumlahnya banyak," terang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia dr Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, dalam Webinar, Rabu 4 November 2020.

Mr P

Menjadi tanda lainnya yang harus dikhawatirkan adalah ketika pasien mengeluhkan adanya kutil kelamin. "Nah, kalau pasien datang dengan kutil kelamin, lalu kami periksa ada banyak MK di sekitar kelaminnya, kami curigai dia positif HIV. Biasanya sebelum tindakan lebih lanjut, kami minta si pasien melakukan tes laboratorium," tambahnya.

MK sendiri bisa muncul di kulit sekitar kelamin karena paparan virus DNA yang mana itu termasuk dari keluarga virus POX. MK sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain, termasuk jika Anda melakukan hubungan badan dengan penderita MK.

"MK bisa menyebar dari satu orang ke orang lain dengan kontak kulit secara langsung dan dengan frekuensi yang sering. Ya, termasuk di dalamnya kontak seksual," papar dr Anthony.

Baca Juga : Pesona Tata Janeeta di Hari Pernikahan, Maia Estianty: Akhirnya Pecah Telor!

Munculnya MK atau bintik-bintik putih di sekitar kemaluan biasanya tidak disadari banyak orang. Karena ini, penyakit ini kerap disepelekan dan dianggap bukan sesuatu yang mengkhawatirkan.

Terlebih, MK sendiri tidak memiliki gejala khas. "Jadi, bintik-bintik yang muncul itu tidak menyebabkan gatal atau nyeri, makanya enggak banyak yang sadar mereka punya kelainan kulit ini," tambah dr Anthony.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini