Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar Juara di Depan Mata, Mir Merasa Beruntung Bisa Tampil Konsisten di MotoGP 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 620 2305056 gelar-juara-di-depan-mata-mir-merasa-beruntung-bisa-tampil-konsisten-di-motogp-2020-0QIK7P7elE.jpg Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir. (Foto: Twitter/JoanMirOfficial)

VALENCIA – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir merasa beruntung karena dapat tampil konsisten hampir di semua sesi balapan MotoGP 2020. Bahkan mungkin hanya Mir satu-satunya pembalap yang dapat konsisten untuk tampil baik di musim ini.

Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya Mir finis di posisi podium pada balapan MotoGP 2020. Dari 11 balapan yang sudah dilalui, Mir mampu berdiri di atas podium sebanyak enam kali.

Berkat kemampuannya itu, kini Mir pun bertengger di puncak klasemen pembalap MotoGP 2020 dengan Raihan 137 poin dan unggul 14 angka dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di urutan kedua.

Baca Juga: Jelang MotoGP Eropa 2020, Joan Mir Tak Sabar Jalani Balapan Kandang

Joan Mir

Mir pun mengakui bahwa ia memang sengaja berusaha untuk tampil sekonsisten mungkin di balapan musim ini. Sejak awal, ia menargetkan untuk selalu finis di podium bagaimana pun caranya agar dapat semakin dekat dengan puncak klasemen pembalap MotoGP.

Menariknya adalah setiap rider asal Spanyol itu merasa tak yakin menang, maka ia langsung menjaga dirinya agar tak terlalu memaksakan diri. Karena terkadang ada saja kejadian pembalap yang sudah berada di tiga besar lalu memaksakan diri mengincar posisi pertama tapi justru terjatuh.

Mir mencoba menjaga egonya agar tidak terlalu nafsu mengejar kemenangan. Meski memang ia penasaran bagaimana rasanya berdiri di atas podium tertinggi di akhir balapan, namun membawa pulang poin yang banyak menjadi prioritasnya saat ini.

“Memang benar kami menunjukkan konsistensi, jadi mungkin itu hal yang paling sulit untuk dimiliki, untuk dapat selalu naik podium. Mudah menurut saya saat motor berjalan dengan sempurna dan semuanya membuat saya semakin ingin untuk meraih kemenangan,” jelas Mir, melansir dari Crash, Jumat (6/11/2020)

“Akan tetapi, saat Anda kesulitan sangat penting bagi Anda untuk lebih memilih mendapatkan hasil yang bagus. Itulah mengapa saya menjadi pemimpin saat ini, ini adalah kunci di balapan lainnya,” tambah rekan setim Alex Rins tersebut.

Joan Mir

Selain kemampuannya menahan ego, faktor luck atau keberuntungan juga membantu Mir untuk bisa memimpin klasemen MotoGP 2020. Faktor keberuntungan itu adalah sulitnya pembalap MotoGP 2020 yang lain untuk bisa tampil konsisten.

Sebut saja seperti Quartararo, yang tercatat menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di MotoGP 2020 sejauh ini, yakni ia sudah tiga kali berdiri di podium tertinggi. Namun, kemenangan yang banyak itu hanya dapat membuat Quartararo berdiri di posisi kedua karena di sisa balapan lainnya El Diablo kerap kali finis di luar posisi tiga besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini