Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Joe Biden di Ambang Kemenangan Pilpres AS, Ekonomi Dunia Berubah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 620 2305804 5-fakta-joe-biden-di-ambang-kemenangan-pilpres-as-ekonomi-dunia-berubah-g1nYBDzt0B.png Joe Biden di Ambang Kemenangan Menjadi Presiden AS. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, tinggal selangkah lagi menuju Gedung Putih. Proses penghitungan suara masih berlanjut, tetapi peluang pria berusia 77 tahun itu sungguh besar.

Sejumlah pengamat kemenangan Biden dalam pesta demokrasi di Negeri Paman Sam tersebut akan membawa perubahan terhadap ekonomi dunia dan khususnya Indonesia. Terkait hal itu, Okezone sudah merangkum beberapa fakta, Jakarta Minggu (8/11/2020).

1. Diprediksi Perang Dagang dengan China Berakhir

Ekonom Indef Nailul Huda menyebut kemenangan Biden akan disambut positif beberapa negara termasuk Indonesia. Kemenangan Biden akan memunculkan kedamaian dari perang dagang AS-China.

"Perdagangan antar negara bisa kembali meningkat. Indonesia juga bisa terlepas dari ancaman perdagangan dg AS. Poin positif bagi ekonomi kita. Harapannya pasar keuangan juga akan mengikuti. Sejauh ini pasar saham bergerak positif (menghijau) begitu pula dengan Dow Jones," kata Nailul.

2. Kebijakan Joe Biden Dianggap Lebih Market Friendly

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan dari kedua kandidat tersebut, pelaku pasar lebih cenderung untuk memilih Joe Biden. Sebab, dari segi kebijakan stimulus, Joe Biden akan mengeluarkan stimulus lebih besar dibandingkan Donald Trump.

"Jika dilihat dari kerjakan yang ditawarkan saat debat, kebijakan Joe Biden lebih market friendly dibandingkan oleh Trump," katanya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (3/11/2020).

3. Angin Segar bagi Pasar Keuangan Dunia

Direktur Riset CORE Piter Abdullah menilai bila nanti Biden benar menjadi orang nomor satu di negara adidaya tersebut, maka diprediksi pasar keuangan global dan juga Indonesia Akan Lebih positif.

"Karena ada keyakinan ketidakpastian dan perang dagang akan berakhir. Biden akan memberikan harapan kepastian pasar yang lebih baik. Kebijakan Trump selama ini terlalu sering memunculkan gejolak. Diharapkan nantinya Biden akan Lebih tenang dan lebih bisa diprediksi," kata Piter kepada Okezone.

4. Indonesia Akan Banyak Mendapatkan Suntikan Modal

Direktur Riset CORE Piter Abdullah menyebut dampak positif khusus untuk Indonesia, yaitu akan banyak investor yang menanamkan modal di Tanah Air.

"Sentimen positif dengan adanya harapan meredanya perang dagang, kebijakan Amerika yang Lebih bisa diprediksi, akan mendorong arus modal ke negara berkembang termasuk ke Indonesia," kata dia.

5. Joe Biden Diprediksi Menahan Defisit Fiskal

Ekonom Senior Faisal Basri mengatakan Biden dari Partai Demokrat diprediksi menahan defisit fiskal dan menaikkan pajak orang kaya yang akan berdampak positif bagi perekonomian AS.

"Maka itu apabila Biden menang, saya khawatir faktor-faktor eksternal yang selama ini menguntungkan RI kala Trump menjabat terancam lenyap," kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini