Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenangan Khabib Nurmagomedov atas Justin Gaethje Diduga Sudah Diatur

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 09 November 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 620 2306751 kemenangan-khabib-nurmagomedov-atas-justin-gaethje-diduga-sudah-diatur-cqM9FIWKtK.jpg Khabib Nurmagomedov paksa Justin Gaethje menyerah (Foto: Twitter/@UFC)

SAROV – Duel antara Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje pada Ultimate Fighting Championship (UFC) 254 dua pekan lalu dinilai sudah diatur. Menurut veteran petarung MMA Rusia, Oleg Taktarov, kemungkinan itu tidak terhindarkan karena keduanya berada di bawah naungan manajer yang sama.

Sekadar informasi, duel perebutan sabuk gelar juara kelas ringan UFC itu berlangsung pada 25 Oktober 2020 dini hari WIB di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Kala itu, Justin Gaethje ditentukan menang angka oleh dua orang juri pada ronde pertama.

Namun, Khabib Nurmagomedov bangkit pada ronde kedua. Setelah kesulitan, The Eagle akhirnya bisa menjatuhkan Justin Gaethje untuk kemudian melancarkan jurus pamungkas, triangle choke. Lawan akhirnya menyerah dan Khabib dinyatakan sebagai pemenang.

Baca juga: Comeback untuk Lawan McGregor, Khabib Nurmagomedov Bakal Raup Bayaran Fantastis

Justin Gaethje bersandar di pojok ring (Foto: Twitter/@UFC)

Kemenangan itu memperpanjang rekor tidak terkalahkan Khabib Nurmagomedov menjadi 29-0. Sayangnya, menurut Oleg Taktarov, pertarungan itu sudah diatur. Sebab, manajer kedua petarung sama, yakni Ali Abdelaziz.

“Sekarang orang-orang tidak mengingatnya karena sudah jelas pertarungan itu sudah diatur. Sangat jelas. Akan tetapi, buat saya, itu tidak apa-apa. Jika Anda sudah bertarung dengan baik, uang sudah didapat, jauh lebih bagus,” papar Oleg Taktarov, melansir dari Championat, Senin (9/11/2020).

Pria berusia 55 tahun itu lantas mencontohkan apa yang terjadi antara dirinya dengan Anthony Macias pada UFC 6, Juli 1995. Ketika itu, Oleg Taktarov diminta mengalah oleh manajernya, Buddy Albin, karena menghadapi rekan satu manajemen.

“Tidak ada yang mengingat, tetapi pada pertarungan terakhir saya, di bawah satu manajer yang sama, saya dipaksa mengalah. Tidak ada orang yang menulis hal itu lagi,” ucapnya.

Apa pun perkataan Oleg Taktarov, tidak akan menghapus fakta bahwa Khabib Nurmagomedov menjalani sebuah karier yang cemerlang. Selain memegang rekor tidak terkalahkan, sabuk gelar juara kelas ringan UFC pun disandangnya.

Petarung kelahiran Sil’di itu kini sudah pensiun. Keputusan itu diambil setelah berdiskusi panjang dengan sang ibu, Patimat Nurmagomedova. Pengumuman pensiun yang diucapkan setelah melawan Justin Gaethje, membuat dunia terhenyak.

Banyak yang menilai, Khabib Nurmagomedov akan kembali ke atas ring suatu hari nanti. Sebab, pria berusia 32 tahun itu diyakini masih ingin memenuhi wasiat terakhir mendiang ayahnya, yakni mencetak rekor 30-0.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini