Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terpesona Bandara Baru Yogyakarta nan Futuristik

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 620 2309294 terpesona-bandara-baru-yogyakarta-nan-futuristik-szDrWmgjvh.jpg Bandara YIA. (Foto: Icipaints)

MENDARAT di bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) membuat wisatawan kagum. Desain interior minimalis dipadukan dnegan unsur tradisional, sehingga menambah kesan etnik.

Saat memasuki gedung terminal, wisatawan pasti langsung tak sabar ingin selfie atau berpose di spot foto Instagramable. Kesan berbeda tentu ada saat Anda harus transit atau tiba di bandara baru YIA.

Dilansir Okezone dari situs resmi Angkasa Pura I, YIA diresmikan Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus lalu. Terminal penumpang luasnya 219.000 meter persegi, sehingga bandara baru ini dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun. Atau 11 kali lebih besar dari Bandara Adisutjipto, yang dapat menampung 1,8 juta penumpang per tahun.

Kalau ke YIA, ada empat spot foto yang tak boleh dilewatkan. Di bagian mana saja ya lokasinya? Berikut Okezone berikan referensinya untuk Anda.

Tugu wayang

Saat memasuki area Bandara Internasional Yogyakarta, Anda akan langsung disambut oleh tugu wayang raksasa yang juga dikenal dengan sebutan Gunungan Wayang. Tugu ini menjadi salah satu spot favorit wisataaan untuk berfoto ria karena tampilannya terlihat sangat menakjubkan, apalagi cuaca sedang cerah. Langit biru akan menyempurnakan foto yang Anda abadikan.

Plengkung Gading

Di area kedatangan atau pintu masuk bandara, Anda akan langsung disambut oleh interior bergaya modern yang terinspirasi dari bangunan Plengkung Gading di kawasan Keraton Jogja. Spot inilah yang menjadi salah satu incaran wisatawan karena tampilannya terlihat sangat aesthetic dihiasi atap-atap berbentuk bulat dengan kaca transparan. Jadi jangan lupa meluangkan waktu untuk berfoto di spot ini ya!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Baru di Yogyakarta Incaran Kaum Milenial

 

Bedhaya Kinjeng Wesi

Spot foto Instagramable selanjutnya adalah Bedhaya Kinjeng Wesi (Tarian Capung Besi). Instalasi ini merupakan karya seniman Ichwan Noor berupa patung bidadari yang terbuat dari alumunium. Gestur patung-patung ini menyimbolkan gerakan pesawat terbang lho, Okezoners!

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menjelaskan, Bandara Internasional Yogyakarta punya fasilitas Penyelamatan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

"Spesifikasi ini membuat YIA mampu didarati oleh pesawat berbadan besar dan terberat seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380,” ujar Faik.

Ornamen khas Yogyakarta

Bagi pencinta seni, Anda akan sangat dimanjakan ketika menyambangi Bandara Internasional Yogyakarta. Bukan tanpa alasan, bandara ini didukung dengan karya seni dan ornamen khas Yogyakarta yang sangat kental. Seperti wahana bermain anak Among Bocah, Tetanduran, Palihan, Kebonrejo, Jangkaran, Among Tani, Dagang Layar, Jogja on The Move, hingga Lawang Papat. Kehadiran karya seni tersebut membuat siapa saja yang berada di bandara ini merasa sudah berada di tengah Kota Yogyakarta.

Diakui Perwakilan AkzoNobel Indra Laban, desain interior YIA sangatlah futuristik hingga menghabiskan 130 ribu liter kaleng cat untuk pewarnaan. Begitu juga dengan rangkaian arsitekturnya bertaraf internasional.

"Bandara bertaraf internasional dibangun dengan arsitektur yang modern dan futuristik. Catnya warna-warni dan tak kalah berkualitas," pungkasnya.

Baca Juga: Pemandangan Langka, Stupa Candi Borobudur Ditutupi Terpal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini