Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Pertolongan Pertama Mengatasi Osteoporosis dan Osteoarthritis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 16 November 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 620 2310402 kenali-pertolongan-pertama-mengatasi-osteoporosis-dan-osteoarthritis-ly0Jg9tBHO.jpg Ilustrasi. (Foto: Webmd)

PENGAPURAN sendi (osteoarthritis) dan osteoporosis rentan terjadi di masa pandemi Covid-19. Sebab, seseorang jarang bergerak selama di rumah saja.

Osteoarthritis merupakan suatu keadaan penipisan tulang rawan atau sendi (aus atau rusak). Umumnya orang berusia 40 tahun ke atas rentan mengalami pengapuran sendi.

Dijelaskan Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik dr Adelle Damapolii, SpKFR, mengatakan, selain osteorthritis, pengeroposan tulang juga rentan terjadi pada seseorang. Hal ini disebabkan karena berkurangnya kepadatan tulang dan hilangnya kandungan kalsium dalam tulang.

Baca Juga: Cantiknya Katty Butterfly Kondangan Sule-Nathalie Holscher, Netizen: Cepet Nyusul Dut!

osteo

Dalam dunia medis, pengeroposan tulang biasa disebut dengan osteoporosis. Pengapuran tulang dan sendi terjadi karena beberapa faktor, namun salah satu yang paling sering adalah usia," ucapnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Pada kondisi ini, terjadi peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang yang menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut.

Prinsip penanganan ada tiga hal dengan cara mengurangi beban sendi, memperkuat otot sekitar, serta memberi nutrisi pada sendi.

Jika sudah terlanjur mengalami, maka penanganan segera dibutuhkan. Biasanya dengan rehabilitasi medik melalui terapi, istirahat secukupnya, diet, lalu bisa juga dengan kompres air hangat dan dingin.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan 

"Apabila dibiarkan dan tidak ada kemauan untuk mengobati, maka dapat berakibat nyeri tiada henti sehingga aktivitas terganggu, lalu otot mengalami kelemahan dan kelainan," pungkas dokter dari Siloam Hospitals Manado.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini