Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditakuti di Indonesia, 4 Negara Ini Malah Sembah Ular Cobra

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 620 2310550 ditakuti-di-indonesia-4-negara-ini-malah-sembah-ular-cobra-uQCbCyUsjh.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

TEROR ular kobra kembali menghantui masyarakat Indonesia. Kali ini, giliran warga Kampung Kelapa Dua, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang digegerkan oleh kemunculan anak ular kobra pada Jumat, 13 November 2020 lalu.

Penemuan ular ini jadi yang kesepuluh dalam sepekan terakhir pasca-ditemukannya 40 telur dan cangkang kobra di rumah warga tersebut. Meski demikian, tidak semua orang takut dengan hewan melata yang satu ini.

Beberapa negara di dunia justru menganggap ular sebagai hewan yang suci bahkan diperlakukan layaknya Tuhan. Berikut negara-negara penyembah ular yang berhasil dirangkum Okezone.

Thailand

 tailand

Bagi penduduk desa yang tinggal di Namaipai, Provinsi Thailand Selatan, penemuan ular kobra dianggap sebagai pertanda yang baik. Ular yang datang ke rumah dianggap sebagai berkah. Bahkan bagi penduduk desa king cobra disebut sebagai ular malaikat.

Mereka percaya bahwa ular adalah manifestasi makhluk gaib dan menghargai hewan tersebut karena dipercaya memiliki kekuatan magis.

Ular dianggap bisa memberikan kekayaan dan kesehatan pada manusia. Beberapa keluarga bahkan mendirikan tempat pemujaan dengan meletakkan patung ular dan persembahan.

Baca Juga: Deretan Desa Adat di Indonesia yang Jadi Destinasi Wisata Unik

India

Negara selanjutnya yang melakukan penyembahan terhadap ular adalah India. Ular dianggap memiliki hubungan dengan Dewa Siwa oleh sebab itu mereka berdoa kepada Tuhan untuk melindungi mereka dari ular.

Bahkan ada tanggal khusus mereka melakukan pemujaan terhadap ular yang disebut dengan Naam Panchami. Menurut kalender Hindu diadakan pada hari kelima Shukal Paksh yaitu Periode Lunar selama bulan Shravan.

Para pemuja Dewa Siwa akan menawarkan susu di kuil-kuil, mempersiapkan Kheer di rumah dan berpuasa untuk menghormati ular yang tak terpisahkan dengan Tuhan mereka.

Afrika

Ouidah, Benin, Afrika Barat juga menghormati ular. Ada kuil Python yang merupakan kuil suci yang diilhami oleh legenda Raja Kpasse. Kuil ini adalah rumah bagi puluhan ular piton kerajaan yang hidup bebas di dalam dinding.

Terdapat pula gambar ular di seluruh Ouidah yang merupakan penghormatan kepada dewa ular dan Dewa Vodun yang kuat. Ia dianggap sebagai penengah ilahi antara roh dan makhluk hidup.

Ular dipuja di Benin, seperti halnya sapi di India, dan dianggap sebagai pertanda keberuntungan jika ular melata melintasi jalurnya. Ular dianggap simbol kedamaian, kemakmuran, dan kebijaksanaan.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Kalbar Promosikan Destinasi Wisata Melalui Bermacam Lomba

 

Kamboja

Kamboja menjadi negara lain yang turut menyembah ular. Dalam mitologi Buddha dan Hindu ular digambarkan dengan banyak kepala.

Bahkan saat Anda mengunjungi Angkor Wat di Kamboja maka bisa menemukan jembatan naga atau ukiran berbentuk ular di beberapa bagian pintu. Di Kamboja ular disebut dengan Naga. Ia melindungi Buddha yang bermeditasi dari hujan lebat dengan tudung di kepalanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini