Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Staycation di Australia Makin Digemari untuk Liburan Keluarga

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 620 2312470 tren-staycation-di-australia-makin-digemari-untuk-liburan-keluarga-izTywsPnWE.jpg Ilustrasi. (Foto: Skyesuites)

TREN staycation rupanya tak hanya digandrungi orang Indonesia. Penduduk Australia pun senang pergi staycation atau menginap di hotel bersama keluarga selama pandemi Covid-19.

Sejak awal munculnya pandemi Covid-19 ke banyak negara, Australia juga memilih lockdown. Pada akhirnya sektor pariwisata pun terpuruk, namun kini mulai terlihat bangkit lagi dengan banyaknya masyarakat yang pergi berlibur mengikuti tren staycation.

Terlebih ketika Australia tidak lagi lockdown. Pelaku pariwisata sangat bersyukur karena terjadi perubahan okupansi saat banyak orang menyukai tren staycation.

"Walaupun adanya lockdown, yang bertumbuh saat ini lokal travel, yakni staycation. Orang-orang yang ada di dekat kita memilih ke hotel yang fasilitasnya komplit dan baru. Banyak keluarga, terutama nenek yang bawa cucunya liburan," kata CEO Crown Group Iwan Sunito, dalam acara SKYE Suites Global Zoom Conference, baru-baru ini.

Selain dari kalangan keluarga, tambah Iwan, kawasan Sydney menjadi lokasi travel shooting dari pelaku film Amerika Serikat. Di sana lokasi Fox Studio sangat dekat, maka banyak yang memilih tinggal di hotel dalam waktu lama.

"Yang menarik adalah meski ada pembatasan perjalanan, di sini banyak travel shooting. Maka banyak entertainment industry memilih Australia untuk lokasi shooting. Dari Januari, okupansi 40 persen full dari movie industri," ucapnya.

Iwan juga bersyukur karena sejak awal lockdown hingga saat ini okupansi hotel di Australia, khususnya Kota Sydney selalu naik. Dimulai dari Maret 80 persen, lalu drop jadi 30 persen di April, ketika Kota Sydney lockdown.

"3 bulan terakhir ini okupansinya langsung naik 50-60 persen, di setiap hotel kita di Sydney," ucapnya.

Iwan mengungkapkan, ketika seseorang pergi staycation maka mengandalkan atraksi wisata lokal. Di SKYE Suites Green Square misalnya lokasinya di Central Bussines District (CBD) dan shopping center, dekat dengan stasiun kereta, tempat berlabuhnya cruise di Sydney.

"Ada juga tempat kasino yang sebentar lagi dibuka di Sydney. Di sini menariknya banyak orang menyebut Manhattan in Sydney. Contohnya The Ground Alexandria, garden farm dan salah satu yang populer beyond community di daerah Green Square yang unik," terangnya.

Baca Juga: Viral Batu Bolong Ikon Pantai Mbawana Sumba Ambruk, Begini Penampakannya!

Dengan mengandalkan atraksi wisata lokal, menurut Iwan, okupansi bisa naik 70 persen. Dia sangat berharap hal itu bisa terjadi, apalagi kalau vaksin Covud-19 sudah ditemukan nantinya.

Sementara itu, ditambahkan Director of Hotels SKYE Suites David Bowen, tak dapat dipungkiri banyak orang butuh melepas penat selama pandemi Cobid-19. Peluang ini yang dicari oleh dunia perhotelan di era new normal.

"Banyak sekali orang butuh inspirasi untuk melepas penat. Maka kami tawarkan menginap di hotel dengan sisi arsitektur yang membuat orang berpaling," ujarnya,

Ditambah dengan pelayanan dan fasilitas premium yang hangat. Seperti tamu bisa mencoba tingkat kekerasan matras sesuai keinginan, lalu dilengkapi dengan perlengkapan masak mewah dan paling penting ukuran kamar dua kali lipat dari hotel lain di Kota Sydney.

"Kami menampilkan 90 kamar suite, lalu ada kolam renang instagramable," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini