Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaktus VS Tanaman Hias Mini, Mana yang Lebih Gampang Dirawat?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 620 2313560 kaktus-vs-tanaman-hias-mini-mana-yang-lebih-gampang-dirawat-Zv8wgQ7U1A.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Memilih tanaman hias itu tidak bisa sembarangan. Salah memilih, bukannya stres di tengah pandemi hilang, Anda malah makin stress karena taneman enggak tumbuh dengan subur.

Bila Anda pemula dalam bercocok tanam, mungkin di benak Anda tanaman yang bisa dipilih adalah kaktus atau tanaman hias berukuran kecil atau mini. Tapi, apakah pemikiran seperti itu tepat?

Menurut laman Livalb, yang namanya kaktus atau tanaman hias mini tidak bisa dianggap sepele. Tak bisa Anda diamkan begitu saja, lalu tanaman akan subur dengan sendirinya.

Kedua jenis tanaman ini bahkan memiliki kekhususan dalam hal perawatan. Ya, bisa dibilang malah sama-sama ribet untuk pemula mulai memeliharanya. Kenapa begitu?

1. Kaktus tetap membutuhkan air

Kaktus

Jangan Anda kira kaktus yang notabene banyak ditemukan di padang pasir tak membutuhkan air. Memang, kaktus atau tanaman hias mini itu tidak membutuhkan air sebanyak tanaman lain, tapi tetap saja mereka membutuhkan air.

Konsep 'tubuh' menyimpan air yang ada di unta ternyata diadaptasi kaktus. Karena itu, ketika air di tubuh kaktus habis karena Anda enggak pernah nyiraminnya, ya, lama kelamaan kaktus bisa busuk dan mati.

Baca Juga : Mengenal Philo dan Caladium, Tanaman Hias yang Viral Ditukar Mobil Ratusan Juta

2. Mati kalau di tempat gekap terus

Kaktus

Ini juga pernyataan yang keliru yang masih banyak ditemukan di masyarakat. Kaktus tidak membutuhkan cahaya untuk tumbuh itu keliru sekali. Tanaman ini bahkan sangat membutuhkan cahaya untuk terus bertumbuh.

3. Membutuhkan lubang drainase

Baik kaktus maupun tanaman hias mini, keduanya tetap membutuhkan lubang drainase. Ini dimaksudkan agar air yang Anda siram keluar dan tidak menggenang hanya di pot. "Ingat, kedua tanaman ini enggak suka medium yang becek," terang laporan ini.

4. Jangan biarkan badannya terlalu basah

Tanaman Hias Mini

Kaktus dan tanaman hias mini ternyata tidak suka kalau 'badannya' basah kuyup. Karena itu, sangat disarankan agar Anda saat menyiram itu ke tanahnya, bukan ke badan dua tanaman ini.

5. Pastikan air cukup di musim kemarau atau panas

Ingat sekali lagi, dua tanaman ini punya ciri khas yaitu menyimpan air dan itu berarti Anda tetap harus menyirami mereka. Bahkan, di musim panas Anda mesti lebih sering menyirami mereka. Tapi, kalau musim dingin atau hujan, ya jangan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini