Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Muntahan Lava Semeru Telan Sebagian Desa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 620 2319384 viral-muntahan-lava-semeru-telan-sebagian-desa-7MYUsqYLW5.jpg Ilustrasi. (Foto: TNBTS)

GUNUNG Semeru masih menjadi sorotan publik setelah terpantau mengeluarkan guguran lava sejak 28 November 2020 lalu. Bahkan, akibat aktivitas vulkanologi yang meningkat, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terpaksa menutup seluruh jalur pendakian, berlaku per hari ini, Selasa (1/12/2020).

Lantas, bagaimana kondisi terakhir Gunung Semeru? Mengintip unggahan video instagram @yoikilumajang, pagi tadi sejumlah petugas Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) terlihat menyambangi Desa Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Pramugari Nekat Jual Celana Dalam ke Penumpang dan Sebar Foto Seksi

 semeru

(Foto: Instagram yoikilumajang)

Berdasarkan hasil laporan mereka, disebutkan bahwa muntahan lava telah memenuhi sebagian area di desa tersebut, bahkan kondisinya saat ini sudah menutupi cek dam.

"Kita ada di Curah Kobokan. Akses terputus. Yang biasanya dam itu sekrang lava ada di atas dam. Lavanya sampai setinggi itu, kayak gunung. Banyak eksavator yang tertimbun lah itu di sana masih ada 1 keliatan, ini untung dipinggir, di tengah-tengah sana eksavator sudah habis, bahkan di atas sana jalan akses sudah kena lava juga. Jalan di atas sana yang masuk ke arah Supiturang juga sudah kena lava," kata pria dalam video itu.

 

Hal tersebut dibenarkan oleh Sukaryo alias Cakyo, salah seorang relawan Semeru. Sekira pukul dua dini hari tadi, Cakyo mengatakan ada luncuran guguran lava yang menuju Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Sampai saat ini status Gunung Semeru masih waspada. Tapi memang ada hujan abu vulkanik dan guguran lava ke arah Kabupaten Lumajang. Untuk pendakian sendiri, semalam itu pendakian terakhir. Seluruh pendaki sudah turun, dan tadi malam ada 2 rombongan dengan total 7 orang yang turun," kata Cakyo.

 semeru

"Penutupan pendakian Gunung Semeru secara total terpaksa dilakukan, karena dikhawatirkan ada letupan material ke arah puncak. Jadi ini merupakan langkah antisipasi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini