Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juventus Tidak Bergantung pada Cristiano Ronaldo

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 620 2320934 juventus-tidak-bergantung-pada-cristiano-ronaldo-xpvvYErDDJ.JPG Cristiano Ronaldo melepaskan tembakan ke gawang (Foto: Reuters/Massimo Pinca)

TURIN – Satu gol berhasil dicetak Cristiano Ronaldo kala Juventus menjamu Dynamo Kyiv pada matchday lima Grup G Liga Champions 2020-2021, Kamis (3/12/2020) dini hari WIB. Sebiji gol itu mengantarkannya ke catatan 750 gol sepanjang karier.

Pembahasan soal gol ke-750 itu sudah mengemuka sejak sebelum laga kontra Dynamo Kyiv di Stadion Allianz digelar. Ambisi mencatatkan rekor tentu menjadi tambahan motivasi bagi Cristiano Ronaldo pada laga tersebut.

Keinginan itu baru terwujud pada menit 57. Cristiano Ronaldo bahkan mencetak gol dengan cukup mudah, yakni hanya menyontek bola dari dekat garis gawang. Sadar golnya terlalu mudah, pemain asal Portugal itu tidak terlalu merayakannya.

Baca juga: Cetak Satu Gol, Cristiano Ronaldo Lewati Rekor Messi di Liga Champions

Cristiano Ronaldo punya peran penting di Jvuentus (Foto: Reuters/Massimo Pinca)

Namun, satu gol itu menunjukkan betapa pentingnya Cristiano Ronaldo bagi Juventus. Dari total 750 gol bagi klub dan negara, sebanyak 75 di antaranya diceploskan untuk Juventus sejak 2018. Tidak heran, banyak anggapan Si Nyonya Tua begitu bergantung pada ketajamannya.

“Ronaldo sudah mencetak 750 gol sepanjang kariernya. Namun, kami tidak bergantung sepenuhnya kepada Ronaldo,” ujar Wakil Presiden Juventus, Pavel Nedved, dikutip dari Football Italia, Kamis (3/12/2020).

“Tentu saja, semua tim akan merindukan pemain dalam level seperti ini, terutama anak-anak muda. Kehadirannya mengubah karakter tim, seperti juga Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Gianluigi Buffon,” imbuh pria berkebangsaan Republik Ceko itu.

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran Cristiano Ronaldo memang menambah kekuatan Juventus, terutama di lini depan. Ketika pemain berusia 35 tahun itu absen, Bianconeri tampak kesulitan menang seperti yang terjadi pada laga kontra Benevento.

Pentingnya Cristiano Ronaldo pernah diakui sendiri oleh Andrea Pirlo. Sang pelatih mengatakan, anak asuhnya itu punya etos kerja yang luar biasa. Ia tidak segan membantu tim ketika mengalami kesulitan seperti saat melawan AS Roma, September lalu.

Aksi Cristiano Ronaldo (Foto: Twitter/@Cristiano)

“Kami sangat senang memiliki Ronaldo karena dia tidak hanya mencetak gol. Dia berlari lebih banyak ketika kami bermain dengan 10 orang. Itu adalah bantuan yang luar biasa bagi rekan setimnya,” papar Andrea Pirlo.

Bukti lainnya terhampar dari lima laga di mana Cristiano Ronaldo absen. Juventus hanya mampu meraih satu kemenangan dan tiga kali imbang. Sedangkan bersama CR7 musim ini, mereka bisa memenangi enam pertandingan dan dua seri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini