Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khasiat Bawang Putih yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Cegah Sakit Jantung

Iman Firmansyah, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 620 2322634 khasiat-bawang-putih-yang-perlu-kamu-ketahui-salah-satunya-cegah-sakit-jantung-6eiXc0PrbD.jpg Bawang putih. (Foto: Boldsky)

SELAIN sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bawang putih memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat seperti fosfor, kalium, magnesium, seng, kalsium, dan zat besi. Kemudian juga bisa sangat berkhasiat dalam memerangi pilek serta flu.

Bawang putih juga memiliki keterikatan dengan jenis bawang lainnya seperti bawang merah dan daun bawang. Memiliki aroma yang cukup kuat, bawang putih telah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan, sangat bergizi dan memiliki sedikit kalori.

Baca juga: Rasakan Gejala Covid-19, Ini Pengobatan yang Bisa Dilakukan di Rumah 

Dikutip dari Times of India, Minggu (6/12/2020), bawang putih mengandung senyawa yang dapat melawan kuman dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan belerang yang ada dalam bawang putih juga meningkatkan respons penanggulangan penyakit dari beberapa jenis sel darah putih dalam tubuh ketika bersentuhan dengan segala jenis virus yang menyebabkan flu.

Bawang putih juga sangat bermanfaat dalam mencegah masuk angin serta flu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih tidak hanya mencegah seseorang jatuh sakit, tetapi juga mengurangi keparahan gejala. Jika Anda sering mengalami gangguan kesehatan seperti flu, makan bawang putih secara teratur dapat mencegah penyakit tersebut.

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Seseorang Terpapar Covid-19 seperti Dialami Siswa SMK di Jateng 

Sementara manfaat terbaik bawang putih tergantung pada cara pengolahan dan persiapannya. Memanaskan bawang putih secara berlebihan dapat mengurangi efek alliinase. Saat memasak makanan dengan jenis bawang ini selalu disarankan untuk menggunakan lebih dari satu siung bawang putih.

Selain itu, bawang putih juga memiliki dampak signifikan pada penurunan tekanan darah pada orang yang menderita tekanan darah tinggi. Bawang putih juga dapat meningkatkan kadar kolesterol pada seseorang, serta bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini