Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mir Komentari Dominasi Pembalap Spanyol di MotoGP

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 620 2323387 mir-komentari-dominasi-pembalap-spanyol-di-motogp-80enJATg6g.jpg Joan Mir (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Joan Mir memberikan tanggapan soal begitunya banyaknya pembalap berkebangsaan Spanyol yang tampil di kelas MotoGP dalam beberapa musim terakhir. Mir pun merasa hal tersebut wajar, mengingat Spanyol adalah negara paling serius mengembangkan pembalap muda mereka.

Sebagiamana diketahui, MotoGP memang banyak dihiasi oleh pembalap berkebangsaan Spanyol dalam 10 tahun terakhir. Bahkan di MotoGP musim 2020, terhitung terdapat 9 pembalap asal Spanyol yang tampil.

Dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP sendiri belakangan memang muncul keraguan dari penggemarnya. Bahkan tidak sedikit yang menuding bahwa Dorna selaku promotor MotoGP telah melakukan nepotisme.

infografis MotoGP

Terlebih kita semua tahu bahwa Dorna sendiri memang berasal dari Spanyol, dan memiliki kantor pusat di Madrid. Meski sejumlahpembelaan juga hadir dari beberapa pihak terkait dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP.

Baca Juga: Demi Kasus Iannone Tak Terulang, Pembalap MotoGP Kini Lebih Sering Jalani Tes Doping

Pasalnya dari sebagian banyak pembalap Spanyol yang tampil di MotoGP, tiga diantaranya mampu menyabet gelar juara dunia. Ketiga pembalap tersebut adalah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan teranyar Mir.

Mir pun memberikan tanggapan mengenai kritikan banyak pihak terhadap dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP. Ya, Mir mengaku tidak mau mengambil pusing terhadap komentar-komentar miring mengenai dominasi pembalap Spanyol, lantaran ia sadar bahwa negaranya telah berkerja keras untuk menciptakan bibit-bibit unggul.

“Saya tidak cemas mengenai hal tersebut (dominasi pembalap asal Spanyol di MotoGP). Saya justru yang harus cemas adalah promotor (Dorna Sports). Saya hanya memikirkan soal kemenangan dan gelar dunia,” jelas Mir, seperti dikutip dari Sport, Senin (7/12/2020).

“Semakin banyak saya meraih kemenangan, maka semakin senanglah saya. Marc Marquez memang paling sering juara dalam beberapa tahun terakhir. Kini saya jadi juara, begitu juga Albert Arenas (Moto3),” sambungnya.

Joan Mir

“Memang terdapat banyak pembalap Spanyol, namun ini tidak terjadi baru-baru ini saja, melainkan sudah berlangsung sejak lama. Saya rasa banyaknya pembalap Spanyol tak menghadirkan perubahan apa pun atau mengurangi ketertarikan dari penonton luar negeri.”

“Meski harus diakui bahwa memang lebih menyenangkan jika pembalap Spanyol bertarung melawan rider Inggris atau Amerika Serikat. Akan tetapi pada kenyataannya saat ini para pembalap terbaik selalu datang dari Spanyol,” tuntas pembalap berusia 23 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini