Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Puncak Gunung Paling Memesona di Dunia

Salsabila Jihan, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 620 2326445 6-puncak-gunung-paling-memesona-di-dunia-hUGtpqh2mk.jpg Pesona puncak Gunung Andes. (Foto: Newschain)

PEGUNUNGAN atau gunung merupakan rumah bagi 15% populasi dunia dan menurut PBB, menampung sekitar setengah dari keanekaragaman hayati dunia. Selain itu, pegunungan juga menciptakan panorama indah seperti puncak piramida yang menghiasi langit.

Menawarkan kedamaian dan ketenangan, tantangan yang berat, dan pemandangan puncak yang luar biasa, itulah alasan mengapa pegunungan selalu dijadikan imajinasi oleh para pelaku seni selama berabad-abad. Para pendaki gunung pun selalu antusias mencapai puncaknya saat mendaki. 

Dilansir dari News Chain, berikut ini adalah 6 puncak gunung yang paling memesona. 

Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen adalah salah satu pegunungan terkuat di dunia. Gunung ini terbentang di beberapa bagian negara Prancis, Italia, Jerman, Austria, Slovenia, Monako, dan Liechtenstein. Terlepas dari itu, kurang dari 15% Pegunungan Alpen terletak di Swiss, negara yang terkenal dengan keindahannya.

Gunung di bagian Swiss memiliki beberapa jalur pendakian yang indah dan menampilkan pemandangan yang memanjakan mata, mulai dari padang rumput hijau yang ditemani oleh sapi yang sang makan, puncak gunung yang tertutup salju, hingga danau kaca dan desa yang menawan.

Dolomites

dolomites

Menjulang tinggi di timur laut Italia, Dolomites dijuluki "pale mountaint" karena keunikan warnanya, apalagi bila dilihat saat matahari terbit.

Dolomites adalah surganya bagi pecinta petualangan karena memiliki banyak kesempatan untuk hiking, bersepeda di gunung, dan mendaki gunung. Tempat ini juga terkenal dengan ski kelas dunia, serta seluncur salju dan seluncur es pada saat musim dingin.

Baca Juga: Hari Gunung Internasional, Sudahkah Anda Peduli Pada Alam?

Pegunungan Grampian

Dengan ketinggian sekitar 1.344 mdpl, gunung ini terletak di ujung barat Pegunungan Grampian di wilayah Lochaber, Dataran Tinggi Skotlandia, di dekat Kota Fort William.

Bahkan, ini juga merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Britania setelah Gunung Ben Nevis (1.345 mdpl) dan diikuti oleh Gunung Ben Macdui (1.309 mdpl).

Selain itu, pemandangan gunung yang diselimuti kabut, danau yang berkilau, dan alam yang dipenuhi pepohonan hijau, bisa anda nikmati sembari bersantai di sini.

Pegunungan Andes

Pegunungan Andes membentang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan dan melewati tujuh negara, yaitu Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela atau disebut juga sebagai "Negara-Negara Andean" (Andean States).

Karena hal tersebut, pegunungan ini didaulat sebagai pegunungan terpanjang di dunia, yaitu dengan panjang sekitar 7.200 kilometer.

Pegunungan ini terkenal sebagai rumah bagi Machu Picchu, sebuah benteng kuno yang merupakan simbol dari Kerjaan Inca. Selain itu, Andes juga terkenal dengan gunung berapinya dan petualangan yang luar biasa.

Baca Juga: Sejarah Hari Gunung Internasional, Traveler Sudah Tahu Belum?

Pegunungan Rocky Kanada

rocky

Sulit rasanya bila tidak membicarakan Pegunungan Rocky yang memiliki panjang hingga 4.800 kilometer ini. Pegunungan ini terbentang dari British Columbia, di Kanada, sampai New Mexico, di Amerika Serikat.

Berkemah, melihat beruang, dan mendaki gunung es bisa Anda temukan di sini, terutama di Taman Nasional Pegunungan Rocky. Keindahan lainnya, Anda bisa melihat Northern Light atau aurora dari Taman Nasional Jasper yang membuat pemandangan gunung semakin memesona.

Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya di India menawarkan pemandangan yang luar biasa, biara yang indah, dan berkesempatan untuk melihat aktivitas di desa pegunungan terpencil. Bahkan bila beruntung, Anda dapat ada macan tutul salju.

Pegunungan Himalaya adalah sebuah barisan pegunungan di Asia, yang memisahkan anak Benua India dari Dataran tinggi Tibet dan banyak terdapat gunung-gunung tertinggi di dunia, salah satunya Gunung Everest.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini