Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Medan Promosikan Pariwisata Melalui Fotografi

Antara, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 620 2327881 medan-promosikan-pariwisata-melalui-fotografi-QYjPNTK2n5.JPG Pantai Biru, salah satu destinasi wisata bahari di Medan, Sumut (Foto: Instagram/@diahkalisa)

PEMERINTAH Kota Medan optimistis berbagai destinasi wisata mengalami kebangkitan melalui promosi, termasuk kalangan fotografer yang mengasah kemampuan serta menjadi wadah dalam mengeksplorasi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Melayu Deli.

"Jika pariwisata terus kita promosikan meski di tengah pandemi, maka kita optimis dunia pariwisata akan bangkit dan kembali pulih tetap memperhatikan aturan dan peraturan penerapan protokol kesehatan. Sebab, Wonderful Indonesia harus tetap jadi brand menjual di mata dunia," kata Asisten Administarsi Umum Setda Kota Medan, Renward Parapat.

Pernyataan tersebut disampaikannya mewakili Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution saat menyerahkan hadiah kepada pemenang 'Lomba Fotografi Medan Heritage dan Ekonomi Kreatif 2020' yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Medan.

Kecanggihan teknologi terutama media sosial, lanjutnya, mendukung kemudahan mempromosikan sektor pariwisata dalam menyebarluaskan, sehingga berdampak positif bagi meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Potensi Wisata Jepara Berpotensi Saingi Bali, Kok Bisa?

"Tanpa disadari, berbagai potensi wisata semakin dikenal lewat postingan di media sosial. Bahkan saat ini vlogger maupun YouTuber dengan jumlah follower yang banyak, juga ikut dilibatkan mempromosikan sektor pariwisata. Tujuannya agar menarik kehadiran wisatawan, dan secara otomatis berdampak bagi pendapatan daerah," paparnya.

"Semoga potensi pariwisata yang dihadirkan dalam sebuah karya visual ini, kita harapkan mampu menggairahkan kembali dunia pariwisata di Kota Medan yang kita cintai," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono mengungkapkan lomba foto tersebut diikuti oleh dua kategori, yakni kategori umum dan sertifikasi dengan tujuan memberi ruang serta wadah bagi fotografer dalam meningkatkan kemampuan fotografinya.

"Hasil foto yang diperoleh juga menjadi sarana promosi pariwisata, dan ekonomi kreatif di Kota Medan. Dengan harapan pariwisata Kota Medan semakin dikenal, dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang mengunjunginya," kata dia.

Bagi pemenang lomba ini terdiri dari juara satu, dua, tiga, harapan 1, dan harapan 2 mendapat piala, sertifikat, dan uang pembinaan.

"Penilaian foto dilakukan juri berdasarkan tiga aspek, yakni kesesuaian tema, ide dan kreativitas, dan tingkat kesulitan. Untuk itu, bagi pemenang, kami ucapkan selamat," tutur Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini