Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putus dengan Aprilia, Gresini Racing Balik Lagi Jadi Tim Satelit di 2022

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 620 2328246 putus-dengan-aprilia-gresini-racing-balik-lagi-jadi-tim-satelit-di-2022-s4lwfLnN2i.jpg Aleix Espargaro (Foto: MotoGP)

FAENZA – Tim balap asal italia, Gresini Racing, memutuskan berpisah dengan Aprilia setelah musim 2021. Gresini memutuskan untuk menjadi tim independen atau satelit di MotoGP mulai musim 2022.

Keputusan tersebut dibuat setelah mereka menyetujui kontrak lima tahun ke depan dengan IRTA untuk tetap mentas di MotoGP. Sementara mereka juga belum bisa memastikan akan bergabung dengan tim pabrikan mana setelah putus dari Aprilia.

Pembalap Aprilia

“Kami dengan senang hati mengumumkan perjanjian ini dengan IRTA, yang akan membuat kami berada di MotoGP selama lima tahun mulai 2022,” tulis pernyataan resmi Aprilia, Selasa (15/12/2020).

“Kami tidak akan mewakili Aprilia sebagai tim pabrikan lagi, jadi kami akan melanjutkan sebagai tim independen (satelit), melakukannya dengan banyak kemauan dan komitmen,” tambahnya.

Baca juga Quartararo Tak Sepakat Valentino Rossi Ikut Kembangkan M1

“Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan banyak hal yang harus didefinisikan dan dikomunikasikan,” lanjutnya.

“Jelas kami sedang mengerjakan proyek besar ini, dan kami akan mengungkapkan detailnya sedikit demi sedikit,” sambungnya.

Gresini sendiri merupakan tim terlama di MotoGP yang memulai kiprahnya sejak 1997. Pada saat itu, Gresini menjadi salah satu tim satelit terdepan sejak kelas 500cc hingga awal era MotoGP pada 2002.

Mereka bergabung bersama Honda dari tahun perdana hingga akhirnya berpisah pada 2014. Setelah itu, pada 2015 mereka meningkatkan status diri menjadi tim pabrikan setelah bergabung dengan Aprilia.

Aprilia

Namun, setelah tujuh musim, Gresini dan Aprilia akhirnya pecah kongsi. Itu berarti, Gresini akan mendapatkan kembali statusnya di MotoGP sebagai tim satelit.

Akan tetapi, berbagai prediksi menyebut Gresini akan tetap berada di pangkuan Aprilia mulai 2022. Hanya saja status mereka tidak akan menjadi tim pabrikan, melainkan tim satelit. Itu berarti akan ada 12 tim yang mentas di MotoGP 2022, dan untuk pertama kalinya, Aprilia akan memiliki empat motor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini