Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebastian Vettel Ungkap Alasan Nyanyi Lagu Perpisahan untuk Ferrari

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 620 2328419 sebastian-vettel-ungkap-alasan-nyanyi-lagu-perpisahan-untuk-ferrari-DdKrcbij0i.jpg Sebastian Vettel berpisah dengan Scuderia Ferrari (Foto: Scuderia Ferrari)

ABU DHABI – Persembahan spesial diberikan Sebastian Vettel kepada kru Scuderia Ferrari pada penghujung balapan Formula One (F1) GP Abu Dhabi 2020, akhir pekan lalu. Pria asal Jerman itu menyanyikan lagu yang liriknya ditulis sendiri lewat radio tim.

Ya, masa pengabdian Sebastian Vettel untuk Scuderia Ferarri resmi berakhir seturut dengan tuntasnya musim balap F1 2020. Kontrak pria berusia 33 tahun itu tidak diperpanjang oleh The Prancing Horse. Ia lantas memilih menyeberang ke Aston Martin (sekarang Racing Point) pada Kejuaraan Dunia F1 2021.

Selama enam musim bersama Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel hanya mampu dua kali menjadi runner-up, yakni pada F1 2017 dan 2018. Itu tidak terlepas dari serangkaian kesalahan yang dilakukannya plus kehebatan Lewis Hamilton dengan mobil Mercedesnya.

Baca juga: Momen Mengharukan Perpisahan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc

Sebastian Vettel memacu jet daratnya (Foto: Reuters/Tolga Bozoglu)

Momen perpisahan itu pun tiba pada F1 GP Abu Dhabi 2020 di Sirkuit Yas Marina. Ketika mengitari sirkuit usai bendera finis, Sebastian Vettel mengeluarkan secarik kertas lalu menyanyikan lirik yang ditulisnya sendiri dengan menyesuaikan nada lagu populer di Italia pada dekade 1960 berjudul ‘Azzurro’.

“Tentu saja, saya memiliki banyak momen manis bersama seluruh tim. Setiap kali saya begitu tertarik dengan sesuatu, saya mulai bernyanyi dan itu adalah cara yang bagus untuk terakhir kalinya menyanyi untuk mereka,” papar Sebastian Vettel, dinukil dari Crash, Rabu (16/12/2020).

“Lagu yang saya nyanyikan sangat populer di Italia berjudul ‘Azzurro’ oleh Adriano Celentano. Saya mengubah liriknya dan berharap tidak akan bermasalah dengan hak cipta,” canda juara dunia F1 empat kali tersebut.

Menurutnya, menyanyikan lagu itu adalah sebuah cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada segenap personel Scuderia Ferrari. Sebastian Vettel bahkan tidak menyangka akan diberi trofi khusus oleh timnya saat perpisahan.

“Menurut saya, itu adalah cara terbaik untuk mengungkapkan rasa terima kasih ke seluruh tim. Trofi itu, saya terkejut karena tidak pernah mengakhiri balapan di peringkat 14 dan mendapat trofi!” tutur Sebastian Vettel lagi.

“Tentu saja, ini akan menjadi memori yang indah. Mereka menuliskan di papan tentang seberapa banyak saya meraih kemenangan. Sayangnya, tahun ini menodai waktu-waktu indah bersama mereka,” tutup pembalap kelahiran Heppenheim itu.

Sebastian Vettel diberi trofi spesial (Foto: Scuderia Ferrari)

Sepanjang 2015-2020, Sebastian Vettel sudah membalap 118 kali bagi Scuderia Ferrari. Ia sukses mempersembahkan 14 kemenangan dan 55 kali podium. Jumlah kemenangan itu bahkan hanya kalah dari Nikki Lauda dan Michael Schumacher di Ferrari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini