Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengunyah Permen Karet Ternyata Punya Banyak Manfaat, Ini 5 di Antaranya

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 620 2332796 mengunyah-permen-karet-ternyata-punya-banyak-manfaat-ini-5-di-antaranya-3U9gG0qerj.jpg Ilustrasi makan permen karet. (Foto: Freepik)

MENGUNYAH permen karet memberikan keasyikan tersendiri. Sesuai namanya permen, ia memiliki rasa manis. Namun, rasa manis pada permen karet lama-lama bisa hilang. Permen elastis ini dibuat hanya untuk dikuyah dan tidak boleh ditelan.

Mengutip dari Ift.org, Rabu (23/12/2020), penelitian telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mulut, termasuk menghilangkan sisa makanan, menetralkan asam plak, membantu remineralisasi enamel gigi, dan bahkan membantu mengurangi kerusakan gigi.

Baca juga: Begini Proses Permen Karet di Dalam Tubuh jika TertelanĀ 

Beberapa uji klinis menunjukkan manfaat mengunyah permen karet bebas gula bahkan bisa mencegah gigi berlubang.

Di balik manfaatnya bagi mulut dan gigi, permen karet juga memiliki kegunaan lain yang tidak terduga. Seperti dilansir dari The Healthy, berikut ini manfaat tersebut.

Permen karet.

1. Meningkatkan ingatan

Menurut penelitian terbaru dari tim psikolog di Universitas St Lawrence, Amerika Serikat, fungsi kognitif seseorang akan meningkat saat mengunyah permen karet. Hal ini terjadi karena meningkatnya detak jatung dan aliran darah.

Selain itu, aktivitas otak di hipokampus atau area penting untuk konsentrasi dan waktu reaksi akan secara signifikan menerima peningkatan oksigen ke otak sebanyak 25 sampai 40 persen.

2. Menurunkan berat badan

Permen karet bisa membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, permen karet juga mengurangi jumlah kalori. Permen karet membut sinyal pada tubuh untuk tidak makan berlebih. Lalu secara efektif membuat Anda makan lebih sedikit.

Studi medis menunjukkan mengunyah permen karet lebih baik daripada camilan di antara waktu makan. Penelitian dari University of Rhode Island menyatakan orang yang mengunyah permen karet akan mengurangi kalori saat makan siang sebanyak 67 persen.

Baca juga: 4 Kombinasi Makanan yang Bisa Bantu Kamu Cepat Turunkan Berat BadanĀ 

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Daripada menggigit kuku dan menggoyangkan kaki saat gugup, lebih baik mengunyah permen karet. Dalam sebuah studi tahun 2011, orang yang menguyah permen karet dua kali sehari selama 14 hari menilai kecemasannya berkurang karena suasana hati meningkat dan kelelahan berkurang.

Secara ilmiah, mengunyah permen karet secara signifikan dapat mengurangi hormon stres kortisol karena menguyah dapat menenangkan.

4. Membantu buang air besar

Saat sembelit cobalah untuk menguyah permen karet. Mengunyah permen karet terbukti dapat merangsang buang air besar dengan cara meningkatkan produksi cairan lambung tanpa harus mencerna makanan apa pun.

Menurut studi PubMed, ini juga dapat mencegah masalah yang dialami banyak orang ketika mereka mulai makan atau minum setelah operasi.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi Sadikin Bukan Dokter, dr Tirta Akhirnya KomentarĀ 

5. Meredakan sakit telinga

Saat terbang di pesawat, kuping sering sakit akibat adanya tekanan udara, namun Anda dapat mengatasi ini dengan menguyah permen karet.

Gerakan rahang dan produksi air liur yang dihasilkan dari mengunyah permen karet dapat menyamankan tekanan di telinga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini